.
.
.

Di Sabang Ada ‘Gampong Aceh’, Tersedia Aneka Souvenir dan Kuliner

Di Sabang Ada ‘Gampong Aceh’, Tersedia Aneka Souvenir dan Kuliner

PORTALNUSA.com | SABANG – Berwisata ke Sabang bukan hanya disuguhkan keindahan alam termasuk alam bawah laut, tetapi juga kekayaan karya seni dan kuliner khas Aceh. Itu semua kini tersedia di ‘Gampong Aceh’ yang diresmikan operasionalnya oleh Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi.

Menurut Reza Fahlevi, ‘Gampong Aceh’ menjadi sebuah karya dan terobosan baru yang bisa menambah wisata kuliner dan juga mampu mewadahi para seniman dan pelaku UMKM di Kota Sabang.

‘Gampong Aceh’ diinisiasi oleh Octowandi dan kolaborasi dengan Lanal Sabang dalam penyediaan lokasi. ‘Gampong Aceh’ mengusung semboyan seni dan budaya (culture and art) daerah Aceh.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Octowandi atas inisiasinya, dan juga Pak Danlanal Kolonel Laut (P) All Setiandy yang telah memfasilitasi dan menyediakan tempat. Ini merupakan kolaborasi yang baik sekali,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Selasa malam, 24 Januari 2023.

Menurutnya, berbicara pariwisata secara sederhana disimpulkan dalam tiga hal, yaitu  something too see, something to do, dan something to buy. Di Sabang sendiri, kaya akan keindahan alam dan aktivitas yang cukup bervariasi. “Yang perlu ditingkatkan adalah produk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan,” kata Reza.

“Dengan kehadiran Gampong Aceh ini, selain menambah wisata kuliner di Sabang, saya yakin juga akan melahirkan produk-produk yang berkualitas, memperkaya dan menambah produk-produk unggulan serta oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke Sabang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, pimpinan atau founder ‘Gampong Aceh’ berharap melalui ‘Gampong Aceh’ bisa menciptakan pasar seni Sabang serta mendorong ekonomi UMKM dan para seniman di Sabang, baik seni lukis, fotografi, seni handcraft, kerajinan batik dan lain sebagainya.

“Konsep kami di sini adalah menciptakan suasana kampung Aceh karena kita di Aceh, yang perlu kami tekankan adalah di sini bisnis kita adalah untuk culture and art. Sesuai tagline-nya, culture-nya budaya Aceh, dan artnya itu seni Aceh, seninya mungkin di sini kita ciptakan pasar seni,” jelasnya.

Berlokasi di samping RSUD Kota Sabang, bangunan ‘Gampong Aceh’ ini memiliki arsitektur rumah khas adat Aceh (Rumoh Aceh) yang diperindah dengan penambahan ornamen-ornamen seni.

Di ‘Gampong Aceh’ juga menyediakan kuliner tradisional Aceh seperti kuah beulangong, keumamah, sie reuboh, ayam tangkap, kuah pliek chue, dan lain sebagainya.

“Namun, tidak hanya itu, ada juga kuliner dan berbagai UMKM lainnya di sini, dan semua yang buka lapak di sini tidak kita kenakan biaya rental atau sewa, jadi mereka silakan berdagang di tempat ini bersama-sama,” tutupnya.(adv)