Seminar Media dan Kongres Ke-26 SPS Warnai HPN 2023 di Medan

Ketua Harian SPS Pusat, Januar P. Ruswita. (Patrolipost.com)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Serikat Perusahaan Pers (SPS)  memeriahkan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara dengan menggelar Kongres ke-26 dan Seminar Media, Selasa, 7 Februari 2023.

Informasi yang diterima PortalNusa.com, melalui Kongres ke-26 SPS akan memilih kepengurusan baru.

Ketua Umum dan Pengurus SPS yang baru akan ditentukan oleh SPS Provinsi se-Indonesia yang terdiri lebih kurang 600 anggota media arus utama.

SPS provinsi  dari wilayah barat yang telah menyatakan hadir di Kongres ke-26 yaitu SPS Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan,  Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur,  Kalimantan Tengah.

Dari wilayah tengah Indonesia, SPS Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,  Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah,  Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan perwakilan dari wilayah timur, SPS Maluku Utara.

Seminar media 

Seminar media menghadirkan pembicara, di antaranya Agung Dharmajaya (Wakil Ketua Dewan Pers), Januar P. Ruswita (Ketua Harian SPS Pusat/Direktur Pikiran Rakyat), dan sosok muda berprestasi dari Sumatera Utara, yakni Fara Amelia Lubis (Duta  Utama Putri Mahasiswa USU 2010 – 2016) dan Duta Bahasa Pelajar Favorit Sumatera Utara 2020.

Kongres dan Seminar Media akan dilaksanakan SPS pada rangkaian HPN 2023 dengan tema besar “Kolaborasi dan Inovasi untuk Kemandirian Pers Indonesia”.

“Kongres SPS diharapkan bisa menghasilkan penyempurnaan PD/PRT yang memungkinkan industri media nasional lebih dinamis menghadapi perkembangan zaman.

Kongres juga diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi program kerja yang tepat untuk mempertahankan eksistensi industri media sehingga mampu menghasilkan produk jurnalistik berkualitas dan bertanggung jawab,” kata Ketua Harian SPS Pusat, Januar P. Ruswita.[]