.
.
.

Munandar Gantikan Zulkarnain Nakhodai FJL Aceh

Zulkarnaini Masry (kiri) menyerahkan pataka Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh kepada Munandar Syamsuddin yang terpilih sebagai Koordinator FJL Aceh periode 2023-2026 melalui Mubes II, di Banda Aceh, Sabtu, 18 Februari 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Mubes II Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh yang berlangsung Sabtu, 18 Februari 2023 memilih Munandar Syamsuddin untuk menakhodai forum tersebut periode 2023-2026. Munandar yang merupakan jurnalis SEA Today News menggantikan Zulkarnaini Masry.

Mubes II FJL Aceh dilaksanakan di halaman Sekretariat FJL Aceh, Lamteh, Ulee Kareng, Banda Aceh.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang telah mempercayai saya sebagai Koordinator FJL Aceh periode 2023-2026. Semoga saya mampu mengemban amanah ini,” kata Munandar dalam pidato perdananya pasca-mubes.

Sebelumnya, pria yang akrab dipanggil Nandar ini duduk sebagai Kepala Departemen Program, Advokasi, dan Monitoring FJL Aceh. Dari situ, ia sering melakukan advokasi konflik-konflik satwa lindung ke berbagai daerah sampai ke tingkat vonis di pengadilan tinggi.

Nandar mengakui, kecintaannya pada isu lingkungan berawal saat meliput gajah mati di Aceh Timur dan makin bertambah ketika belajar bersama para jurnalis yang juga intens meliput persoalan lingkungan.

Untuk tiga tahun ke depan, dia menargetkan bisa terbentuk FJL Sumatera karena banyak jurnalis di daerah lainnya ingin menggagas forum serupa.

“Mudah-mudahan bisa kita bentuk dan kita bisa jadi pilot projectnya,” kata Nandar, bersemangat.

Koordinator FJL Aceh periode 2020-2022, Zulkarnaini Masry mengucapkan selamat kepada Nandar karena telah bersedia mengambil peran sebagai nakhoda FJL.

“Saya juga mengucapkan selamat karena akan membawa FJL untuk lebih baik pada tiga tahun ke depan dan kita akan mendukung Nandar melaksanakan program pada masa kepemimpinannya,” kata Zulkarnaini Masry. []