.
.
.

Event Spektakuler Itu Bernama Sabang Marine Festival, 17-19 Maret 2023

Info Sabang Marine Festival 2023.

PADA Sabtu malam, 28 Januari 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno resmi meluncurkan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Taman Mini Indonesia Indah.

Ada 110 event nasional se-Indonesia yang masuk KEN 2023. Salah satunya  Sabang Marine Festival (SMF). “Ini sangat membanggakan dan menggembirakan,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi yang ikut mendampingi Menteri Sandiaga Uno pada launching KEN 2023.

Berita terkait: Selamat, Sabang Marine Festival Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Nah, pada Senin sore, 20 Februari 2023, Pemko Sabang bersama mitra kerjanya menggelar konferensi pers sekaligus launching SMF23 yang dipusatkan Aceh Heritage Village-Sumur Tiga, Kota Sabang.

Hingga Senin malam, media ini belum mendapatkan informasi terkait materi yang disampaikan melalui konferensi pers. Namun kontributor PortalNusa.com di Sabang mengirimkan link Media Promosi SMF23 dengan mengutip http://bit.ly/mediapromosmf2023.

Dari media promosi tersebut diperoleh informasi, Sabang Marine Festival 2023 akan digelar dengan konsep baru mengangkat tema, “Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia” yang menggambarkan aktifitas bahari dan budaya masyarakat.

SMF23 akan dilaksanakan pada 17-19 Maret 2023 di Kawasan Tugu Merah Putih dan sekitar Pelabuhan Teluk Sabang.

Seperti diketahui, Sabang telah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari terkemuka di Indonesia.

Sabang menawarkan bentang alam dan laut yang menakjubkan dan eksotis. Wisata diving, snorkling, wind surfing hingga mancing mania sudah menjadi tujuan wisata ke Sabang. Kemudian Sabang juga telah kembali menjadi destinasi kapal pesiar dan yachter.

Sempat terdampak pandemi Covid-19 dua tahun lalu, kini pariwisata Kota Sabang kembali menggeliat. SMF23 akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Kota Sabang.

Perhelatan bahari terbesar di Aceh ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu top event di 110 even terbaik Indonesia yang masuk ke dalam Kalender Event Nasional Kemenparekraf RI, Kharisma Event Nusantara (KEN).

SMF23 menjadi signature event pertama di Kota Sabang, sehingga menjadi event yang spesial bagi Kota Sabang.

Kali ini SMF dilaksanakan secara kolaboratif yang melibatkan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pemerintah Kota Sabang, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan SKPA lainnya, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, yang ikut didukung berbagai pihak lainnya yang ada di Sabang, TNI, Polri, dunia usaha, dan komunitas masyarakat.

SMF23 akan melibatkan sekitar 1.000 orang peserta, meliputi pelaku seni, komunitas masyarakat, siswa, media, dan pelaku usaha serta unsur pemerintah.

SMF23 juga diharapkan dapat memberikan nilai ekonomi bagi pelaku usaha dan masyarakat.

BPKS sebagai inisiator kegiatan SMF sejak 2015 terus berupaya menguatkan citra SMF sebagai salah satu tujuan singgah bagi para yachter yang melintasi perairan Kota Sabang. Sementara itu Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata dan perangkat daerah lainnya akan memperkaya festival ini dengan berbagai atraksi budaya dan pariwisata bahari yang membuat SMF23 semakin meriah.

Sebuah pertunjukan seni kolosal garapan Yusri Saleh (King of Ratoh Jaroe) bersama ratusan penari dari Kota Sabang siap menyuguhkan penampilan pembuka yang dapat menghipnotis penonton.

Pawai budaya atraksional akan digelar tidak hanya di daratan tapi juga di laut bersama para panglima laot dan nelayan sebagai ujung tombak budaya bahari di Kota Sabang.

Partisipasi pelaku Ekraf/UMKM juga menjadi salah satu target utama dalam pameran UMKM dan Ekraf yang merupakan rangkaian kegiatan SMF23.

Ragam perlombaan bertema bahari dan aktivitas bersih-bersih pantai terbuka bagi siapa saja yang tertarik mengikutinya. Khanduri Adat Meulaot dengan jamuan khas yang akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung, akan menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Sabang Marine Festival.

Dukungan penuh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan Kemenparekraf RI terhadap salah satu even unggulan Aceh ini akan diwujudkan dalam bentuk promosi kegiatan yang diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan sebanyak-banyaknya untuk menghadiri Sabang Marine Festival 2023 nanti.

Sekadar mengingatkan, pada 2020-2021 masa pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke Kota Sabang turun drastis, hanya sekitar 126-155 ribu orang. Sementara pada 2022 meningkat mencapai 254 ribu orang mengunjungi Sabang.

Sabang Marine Festival 2023 menargetkan 20.000 kunjungan selama tiga hari pelaksanaan festival. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sabang agar terus meningkat dari tahun ke tahun. Semoga. (*/sbg)