LLDikti Wilayah XIII Miliki Gedung Baru Lima Lantai di Banda Aceh, Ada Helipad

Gedung kantor baru LLDikti Wilayah XIII Aceh di kawasan Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, diresmikan pemakaiannya pada Kamis (9/3/2023) pagi oleh Dirjen Dikti Kemdikbudristek RI, Prof Ir Nizam MSc PhD. (Foto Azminurti Thursina/Portalnusa.com)


PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Lembaga Layanan Pendidikan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh (sebelumnya bernama Kopertis Wilayah XIII) yang dibentuk sejak 2013, kini menempati gedung baru milik sendiri yang dibangun megah di kawasan Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Gedung baru tersebut dibangun dalam dua tahun terakhir dan diresmikan pemakaiannya oleh Pelaksana Tugas Dirjen Dikti, Prof Ir Nizam MSc PhD, Kamis, 9 Maret 2023.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita di pintu masuk lobi utama LLDikti Wilayah XIII oleh Dirjen Dikti, didampingi Pj Gubernur Aceh, dan Kepala LLDikti Wilayah XIII.

Gedung megah yang dilengkapi helipad, lapangan tenis, kolam renang, dan areal parkir di basement ini didesain oleh Dede Irawan ST, alumnus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Peresmian gedung ini dihadiri Anggota Komisi X DPR RI asal Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal SE; Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Ir Marwan IPU; Rektor UIN Ar-Ranir, Prof Dr Mujiburahman MAg,  Rektor ISBI Aceh, Dr Wildan MPd; dan hampir seluruh rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh.

Peresmian ini juga dihadiri oleh kepala LLDikti dari seluruh Indonesia, LLDikti I hingga XVI yang setelah acara peresmian langsung melakukan Rakornas LLDikti di Banda Aceh.

Bagi LLDikti Wilayah XIII, gedung permanen ini merupakan kantor keempat.

Sebelumnya, saat masih bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII, lembaga ini pertama kali berkantor di Gedung B Dinas Pendidikan Aceh (2013-2017), kawasan Kuta Alam, Banda Aceh.

Kemudian, pindah kantor ke Kompleks Bulog di Meunasah Manyang, Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, dengan menyewa rumah milik Prof Dr Ibrahim Hasan MBA, mantan Kabulog RI dan mantan gubernur Aceh dua periode.

Berikutnya, LLDikti Aceh pindah kantor ke Lorong Tunggai, Prada, Banda Aceh, dengan menyewa sebuah rumah warga. Di tempat ini kantor LLDikti pernah dilanda banjir sehingga banyak dokumennya yang rusak.

Kemudian, LLDikti Wilayah XIII pindah lagi ke Gedung Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala di kawasan Lampeuneurut, Aceh Besar (2021-2023).

Saat kantor LLDikti Wilayah XIII pindah dari satu lokasi ke lokasi lain, gedung kantor LLDikti XIII yang permanen terus diupayakan realisasinya dan akhirnya rampung dibangun awal Maret 2023.

Gedung baru ini diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof Nizam MSc PhD yang kedatangannya ke Aceh didampingi istri dan rombongan.

Menurut Kepala LLDikti Wilayah XIII, Dr Ir Rizal Munadi MM MT, episode pembangunan gedung kantor ini memerlukan waktu yang panjang untuk mendapat persetujuan dari Presiden Jokowi.

Sebetulnya, pembangunan gedung baru hanya untuk perguruan tinggi, bukan untuk kantor layanan.

“Namun, berkat bantuan Mas Menteri Nadiem Makarim, Dirjen Dikti, dan lain-lain yang meyakinkan Pak Presiden akhirnya gedung kantor LLDikti XIII disetujui untuk dibangun. Apalagi sebelumnya kantor LLDikti Wilayah XIII pernah dilanda banjir,” kata Rizal Munadi.

Menurut Rizal Munadi, gedung baru ini dibangun dalam masa 235 hari, mulai dari fondasi hingga selesai. “Jadi, tergolong sangat cepat,” ujarnya.

Pembangunan gedung ini menelan biaya Rp 90,150 miliar.

Menurut Humas LLDikti Aceh, Ali Umar MPd, gedung megah ini terdiri atas lima lantai, termasuk basement.

Selain dilengkapi ruang kantor, aula, ruang layanan, dan lain-lain. Gedung ini juga dilengkapi helipad (tempat pendaratan helikopter) di roof top lantai lima.

Pj Gubernur Aceh yang diwakili Kepala LPSDM Aceh, Syaridin MPd mengucapkan selamat atas selesainya dibangun gedung baru Kantor LLDikti Wilayah XIII ini.

Pj Gubernur Aceh berharap, dengan adanya gedung baru ini layanan yang akan diberikan oleh LLDikti Wilayah XIII Aceh bisa lebih optimal demi meningkatkan mutu pendidikan di Aceh.

Sementara itu, Dirjen Dikti Prof Nizam menyampaikan salam dan ucapan selamat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim MBA, atas rampung dan diresmikannya gedung megah LLDikti Wilayah XIII ini.

Prof Nizam mengatakan, gedung ini diresmikan untuk memberikan layanan yang terbaik bagi perguruan tinggi di Aceh.

“Semoga bukan gedungnya saja yang bagus, layanannya pun harus bagus, ramah, dan berintegritas,” kata Nizam.

Sejak  tahun 2013 hingga kini, LLDikti Wilayah XIII dipimpin oleh Prof Dr Jamaluddin Idris MEd dari UIN Ar-Raniry.

Dilanjutkan pada periode kedua oleh Prof Dr Faisal A Rani SH MHum dari Fakultas Hukum USK, baru kemudian dipimpin Dr Ir Rizal Munadi MM MT (Dosen Fakultas Teknik USK) sejak 2022 hingga saat ini.

Kopertis Wilayah XIII Aceh yang kemudian berubah nama jadi LLDikti Wilayah XIII dibentuk tahun 2013 ketika Dr Ir Azwar Abubakar MM menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Mengetahui gedung baru LLDikti Wilayah XIII sudah rampung dan diresmikan, Azwar Abubakar yang saat ini berada di Banda Aceh mengatakan, “Selamat untuk LLDikti Wilayah XIII yang kini memiliki gedung mewah milik sendiri. Dengan demikian, tak perlu pindah-pindah atau menyewa kantor lagi. Semoga kantor baru yang permanen ini dapat meningkatkan layanan dan mendongkrak mutu pendidikan di Aceh.”

Sebelum Aceh punya Kopertis/LLDikti yang otonom, untuk urusan perguruan tinggi swasta, Aceh tunduk ke Kopertis Wilayah I di Medan, Sumatera Utara.

Di Aceh saat ini terdapat 110 PTS dan 12 PTN. []