.
.
.

Pj Bupati Abdya Warning Keuchik: Beli Kendaraan dengan Dana Desa Risiko Tanggung Sendiri

Pj Bupati Abdya, Darmansah memberikan arahan di hadapan 152 keuchik se-Abdya dalam rangka percepatan penggunaan anggaran gampong, Jumat, 10 Maret 2023. (Foto Muhammad Taufik/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Pj Bupati Abdya, Darmansah, S.Pd, MM mengingatkan keuchik (kepala desa) agar tidak ada yang membeli kendaraan dinas dengan dana desa. “Kalau ada yang nekat, risiko tanggung sendiri,” tandas Darmansah.

Warning tersebut disampaikan Darmansah pada rapat dengan seluruh Keuchik di Abdya, di Aula Pendopo Bupati Abdya, Jumat, 10 Maret 2023.

Menurut Darmansah, penggunaan dana desa untuk kepentingan pengadaan kendaraan dinas berbenturan dengan aturan, sehingga jika tetap dipaksakan maka keuchik yang bersangkutan dianggap telah melawan hukum dan risiko tanggung jawab sendiri.

Namun demikian, tambah Darmansah, pengadaan kendaraan dinas keuchik dapat dilakukan menggunakan Anggaran Dana Gampong (ADG), itupun jika telah memenuhi kebutuhan utama dan lainnya sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) jika anggaran masih tersedia.

“Untuk membeli kendaraan dinas roda dua keuchik tidak boleh menggunakan dana desa, tapi kalau ADG boleh. Kenapa kami membolehkan karena banyak keuchik yang meminta kepada kami,” ujar Darmansah.

Darmansah mengatakan, jika ada desa yang tidak mampu membeli kendaraan akibat minimnya ADG, maka disarankan desa yang lain juga tidak membeli.

“Jika ada keuchik (desa) tidak mampu membelinya, saran saya yang lain juga jangan, itu saran saya demi kekompakan bersama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sejumlah keuchik meminta Pemkab Abdya secepatnya mengeluarkan Perbup Penggunaan Anggaran Gampong agar keuchik tidak terkendala dalam menjalankan program.

“Kami minta pada Pak Bupati agar Perbup Penggunaan Anggaran Gampong bisa secepatnya diterbitkan,” pinta Keuchik Guhang, Venny Kurnia yang juga sebagai Ketua APDESI Abdya.

Menyikapi harapan Keuchik se-Abdya perihal Perbup Penggunaan Anggaran Gampong, Darmansah mengatakan bahwa masih ada sejumlah item yang harus direvisi pada Perbup sehingga harus dikeluarkan Perbup terbaru dari hasil revisi tersebut.

“Perbup sebenarnya sudah siap, sudah lama siap, tapi ada item-item yang perlu direvisi, makanya harus menunggu Perbup terbaru, tapi ada item-item kegiatan yang memang sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Turut hadir pada pertemuan itu Sekda Abdya Salman Alfarisi, ST; Kadis DPMP4 Abdya Nur Afni Muliana, S.Pd; Inspektur Inspektorat Abdya, drh. Amiruddin Adi; Kepala Badan Keuangan Abdya, Fakhruddin, S.Sos, MSi dan Kepala Pertanahan Abdya, Rizal, S.Mn.[]