.
.
.

Pemkot Sabang Mulai Salurkan BLT-DD Kepada Masyarakat

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa di Kantor Keuchik Balohan, Kota Sabang, Selasa, 11 April 2023. (Foto: Dok. Humas Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Percepat pemulihan ekonomi, Pemerintah Kota Sabang mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 2023 tahap I, II, dan III. BLT DD ini akan disalurkan kepada sebanyak 888 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Sabang, terdiri dari Sukajaya 377 KPM, Sukakarya 253, dan Sukamakmue 258 KPM.

“Alhamdulillah untuk BLT-DD sendiri, ada beberapa gampong yang sudah melakukan pencairan dan menyalurkannya kepada masyarakat. Yang sudah disalurkan seperti di Cot Abeuk, Ujung Karang, dan hari ini di Balohan, sedangkan beberapa Desa lainnya sedang dalam proses,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di kantor Keuchik Balohan, Selasa, 11 April 2023.

Lanjutnya, penyaluran BLT-DD tahun 2023 bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem yang ada di desa, terlebih menyambut Idul Fitri 1444 H. Penerima BLT DD ini merupakan keluarga yang tercatat dalam data kemiskinan ekstrem di masing-masing gampong yang dikeluarkan oleh Bappeda Kota Sabang.

Sementara untuk besaran yang diterima masyarakat per KPM adalah Rp. 900 ribu untuk tiga bulan atau tiga tahap, dimana per bulannya sebesar Rp. 300 ribu.

“Di Balohan tadi kita sudah salurkan untuk 75 KPM. Insyaallah 100 persen, 18 Gampong bisa tersalurkan sebelum lebaran. Semoga penyaluran bantuan ini dapat terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran, serta dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” harap Reza Fahlevi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sabang juga mengimbau OPD terkait agar seluruh BLT, bantuan anak yatim, serta Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), juga THR pegawai, dapat disalurkan paling lambat H-7 lebaran.

“Seluruh bantuan dan THR harus selesai disalurkan paling lambat H-7 lebaran. Sementara ini, yang sudah atau sedang dalam penyaluran itu ada BLT DD, Zakat juga sedang dalam proses untuk disalurkan begitupula dengan THR pegawai,” tambahnya. (adv)