.
.
.

30 Santri di Aceh Utara Dibekali Teknik Pengolaan Website

Sejumlah santri di Aceh Utara dibekali cara mengelola website oleh Diskominsa Aceh di Hotel Diana, Kota Lhokseumawe, Kamis, 11 Mei 2023. (Foto: Dok. Kominfo Aceh Utara)

PORTALNUSA.com | ACEH UTARA – Dinas Komunikasi dan Persandian (Diskominsa) Aceh menggelar pelatihan dan pengelolaan website bagi 30 santri di Kabupaten Aceh Utara. Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Diana, Kota Lhokseumawe, 11 Mei 2023.

Pelatihan pengelolaan website dayah.id bagi lembaga dayah merupakan sebagai bagian pemanfaatan website dayah sebagai Media Literasi Digital.

“Di Aceh Utara kita memiliki sekitar 248 Dayah, pelatihan ini penting untuk mendidik generasi dayah agar mampu mengelola sebuah website sehingga perkembangan dayah di masa depan menjadi lebih baik,” ujar Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Utara, Drs Adamy M.Pd usai membuka pelatihan mewakili Pj Bupati Aceh Utara Azwardi AP.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu merupakan kerjasama antara Diskominsa Aceh, Bagian Kominfo Aceh Utara dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara.

“Ke depan para wali santri diharapkan dapat mengakses informasi sistem pembelajaran di dayah hanya dengan membuka website. Demikian juga untuk pendaftaran santri cukup hanya dengan mendaftar melalui website, artinya tidak perlu menghabiskan waktu untuk visit ke lokasi dayah, semua informasi sudah tersedia di website masing-masing dayah di Aceh Utara,” ujar Drs Adamy menjelaskan.

Dikatakan Adamy, Penjabat Bupati Aceh Utara yang tidak sempat hadir menyampaikan apresiasi kepada Diskominsa Aceh. Di masa depan dayah di Aceh Utara dapat menampilkan informasi penting terkait dayah di laman masing-masing.

“Jadi, anak-anak kami yang saat ini dilatih, tolong belajar serius agar mampu menyerap ilmu yang diberikan dengan baik, sebagai bekal menjadi administrator website saat kembali ke dayah nanti,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Kadis Kominsa Aceh yang diwakili oleh Kabid pelayanan E-government, Dermawan S.Kom, M.Kom., Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara Abdullah Hasbullah S.Ag MSM., dan Kabag Kominfo Aceh Utara Hamdani S.Ag. []