Masjid Raya Baiturrahman Miliki Banyak Aset Wakaf, Sekda Aceh: Maksimalkan Pengelolaannya

Sekretaris Daerah Aceh, Bustami, SE, M.Si, menandatangani akta pendirian Yayasan Wakaf Masjid Raya Baiturrahman Aceh, di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat, 26 Mei 2023. (Foto Humas Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami mengharapkan kepengurusan Yayasan Masjid Raya Baiturrahman dapat memaksimalkan pengelolaan aset wakaf yang dimiliki masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu. Aset wakaf harus bermanfaat untuk keperluan dan kebutuhan masjid.

“Yayasan ini adalah milik masyarakat Aceh, Gubernur Aceh adalah pembina yayasan,” kata Sekda Aceh dalam acara penandatanganan pengurus, pengawas dan pembina Yayasan Masjid Raya Baiturrahman di Ruang VVIP Masjid Raya Baiturrahman, Jumat, 26 Mei 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar mengatakan, setelah terbentuknya yayasan beserta kepengurusan, pihaknya akan mendaftarkan harta wakaf Masjid Raya ke Baitul Mal. Nantinya pihak yayasan yang akan menjadi nazir terhadap aset tersebut.

Alidar menyebutkan, saat ini Masjid Raya Baiturrahman memiliki puluhan aset wakaf. Aset tersebut meliputi bangunan toko, rumah, tanah dan lainnya.

“Mudah-mudahan ke depan pihak yayasan bisa lebih baik lagi dalam mengelola aset wakaf Masjid Raya, ini menjadi pertanggungjawaban kita kepada Allah yang diberi tanggung jawab mengelola harta agama,” pungkas Alidar.[]