.
.
.

Gubernur BI Serahkan Program Sosial Bank Indonesia untuk Sabang

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyerahkan dokumen Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Sabtu, 10 Juni 2023. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Sabang menjadi daerah keempat di Indonesia yang menerima bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Program tersebut diserahkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo kepada Pj Wali Kota Sabang untuk mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata di Pulau Weh.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan, sasaran PSBI untuk perbaikan fasilitas Masjid Babul ‘Ibad Iboih dan pemberian perlengkapan alat scuba diving kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teupin Layeu Iboih.

“Kehadiran BI dengan membawa bantuan kepada kami khususnya bagi para pelaku pariwisata yang ada di Iboih ini sangat mendukung kami agar secara bertahap mampu menghadirkan daya tarik yang berkelas dunia. Jadi untuk selanjutnya kami mohon support dari BI untuk terus mendampingi kami di sini, memajukan Kota Sabang,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Sabtu, 10 Juni 2023.

Reza Fahlevi menjelaskan kondisi Kota Sabang dan fokus pengembangan daerah pada sektor pariwisata, yang memiliki keunikan tersendiri, terutama flora dan fauna bawah lautnya, seperti ragam jenis ikan, terumbu karang, mola-mola dan sebagainya.

“Core product kita pariwisata, dengan basisnya adalah konservasi, sustainability. Jadi kami memang sedang berupaya shifting dari quantity ke quality, kita coba bagaimana agar Sabang ini bisa naik kelas dengan prinsip-prinsip sustainability, yang terus kita ajarkan ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan, tahun ini pihaknya menghidupkan kembali program Bank Indonesia untuk pariwisata, yang sempat terhenti karena Covid-19. Program ini bertujuan untuk mendukung efektivitas kebijakan, komunikasi dengan masyarakat, kepedulian sosial dan aktivitas pemberdayaan masyarakat.

“Ini adalah yang keempat setelah Covid-19. Kemarin kita buka di Wakatobi, Labengki, Raja Ampat, dan yang ke empat adalah Sabang. Tahun ini adalah tahunnya pariwisata dan memang kami terus berupaya agar berbagai daerah dapat mengembangkan pariwisata dalam berbagai aspek,” jelasnya.

Menurutnya, terdapat empat S yang harus terus diupayakan Pemko Sabang untuk memajukan sektor pariwisatanya, yaitu scenery, services/hospitality, seni, dan yang terakhir adalah souvenir.

“Sabang sudah punya scenery yang indah, sekarang mari kita bina dan ikuti bersama, supaya diving jadi yang terbaik, kita bangun pelayanan resort-resort yang memberdayakan masyarakat, kita kembangkan seni yang beragam, serta kita bina dan tingkatkan suvenir khas Sabang,” tambahnya.(adv)