.
.
.

Safaruddin: Stadion Abdya Dibangun 2024

Wakil Ketua DPR Aceh bersama Pj Bupati Abdya didampingi Kadis PUPR Abdya Alfian Liswandar, Kadis Pertanahan Abdya Rizal, dan Keuchik Guhang Venny Kurnia meninjau lokasi persiapan Turnamen Bulutangkis Barsela Cup di GOR Sigupai Arena di Gampong Guhang, Kecamatan Blangpidie, Rabu, 21 Juni 2023. (Foto Muhammad Taufik/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, S.Sos, M.S.P menyatakan stadion sepakbola di Kompleks GOR Arena Sigupai Abdya dibangun dengan sumber dana APBA 2024.

Informasi itu disampaikan Safaruddin saat meninjau lokasi pertandingan bulutangkis Barsela Cup bersama Pj Bupati Abdya Darmansah di Gampong Guhang, Kecamatan Blangpidie, Rabu, 21 Juni 2023.

Disebutkan Safar, rencana pembangunan stadion sepakbola tersebut menggunakan anggaran APBA sebesar Rp 20 miliar. Sedangkan untuk lanjutan pembangunan GOR Sigupai ia kembali mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar untuk pembangunan musalla, pagar, dan taman penghijauan.

“Sebanyak 25 miliar akan kita masukan pada anggaran tahun 2024, ujar Safar.

Sebelumnya, Safaruddin telah membangun GOR Sigupai melalui APBA 2022 dengan anggaran Rp 14,5 miliar lebih di atas lahan satu hektare yang dihibahkan oleh Pemkab Abdya kepada Pemerintah Aceh.

Sedangkan untuk pembangunan stadion sepakbola ia juga meminta Pemkab Abdya memberikan lokasi dengan luas lebih kurang tiga hektare kepada Pemerintah Aceh.

Pj Bupati Abdya Darmansah meminta Kadis Pertanahan Abdya Rizal, S. Mn agar segera menyiapkan administrasi hibah tanah tersebut kepada Pemerintah Aceh untuk kepentingan pembangunan stadion.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Abdya juga mengatakan tahun ini pemerintah setempat telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 1 miliar untuk pembebasan tanah warga sebagai akses jalan masuk ke lokasi GOR Sigupai, serta akan menugaskan penjaga gedung GOR Sigupai yang akan menjaga dan merawat agar gedung tersebut tidak sia-sia.

“Untuk tahun ini saja kita telah mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk akses masuk lokasi GOR Sigupai, bila perlu Pemkab Abdya akan membeli tanah warga di sekitar untuk perluasan lokasi,” tuturnya.

Darmansah juga mengapresiasi keseriusan putra Abdya, Safaruddin, dalam membangun pantai barat-selatan Aceh dari ketertinggalan dengan daerah timur Aceh termasuk di bidang olahraga.

Wakil Ketua DPR Aceh bersama Pj Bupati Abdya turut didampingi Kadis PUPR Abdya Alfian Liswandar, ST, Kadis Pertanahan Abdya Rizal, S. Mn dan Keuchik Guhang Venny Kurnia. []