.
.
.

Panas Seulawah

IA anak seorang teman. Beberapa kali bikin janji ingin ketemu. Tapi terus “losses.” Loss oleh waktunya yang…yang… padat.

Saya amin saja setiap kali ia menulis pesan di whatsapp;  “maaf om… lagi di Hongkong… metting di Singapore … kunjungan ke Abu Dhabi..ada zooming.”

Semua bunyi pesannya itu ditulis dengan huruf kecil sehingga saya membalasnya dengan balasan tulisan amin yang kecil pula. Amin setengah ikhlas.

Pokok pangkal amin huruf kecil ini karena posisi saya sebagai makmum. Makmum yang tidak dibolehkan membesarkan suara melebihi imam. Juga dilarang mendahului imam dalam mengeja kata aa..min.

Sejak amin pertama sudah enam amin di enam pekan saya layangkan. Itu berarti sudah enam pekan janjinya hang..

Di enam amin itu narasi balasan saya gak pernah bergeser. Hingga di pekan ketujuh ia janjian lagi lewat pesan whatsapp: kita kulineran di mi sampit ya om.

Di sini amin saya agak membesar.

Sebab janji di pekan ketujuh itu amin saya dan dia dalam bentuk akad. Kalau saja janji sebelumnya juga dalam bentuk akad yang dipelesetkan untuk kepentingan nikah. ..hahaha…cilaka jadinya.

Berarti ada tujuh gerbong yang harus dihela satu loko. Anda mengerti kan maksud saya ini!

Hanya bergurau….maaf…

Tentang kulineran mi sampit saya tahu ia penyuka mi pojokan itu. Sejak dulu. Di setiap janji ketemuan saya sering diajak bareng-bareng ke kedai mi di ujung jalan sampit kawasan Blok M itu.

Mi sampit yang katanya .. uueennak. Ucapan enaknya mengingatkan saya sebuah iklan.. Tapi gak pas aksen intonasinya yang ada “batak”o nya. Batak Simangunsong.

Yang enaknya tidak untuk saya. Enaknya gak merasa. Lidah saya kelu plus tawar kalau harus disandingkan dengan mi razali. Mi sampit juga masih di kelas paud jika dibandinge mi yah cut di kawasan perbasi.

Yang enaknya, ketemuan saya dengan anak sang teman kali ini pas angle-nya. Angle sebuah tulisan perpanjangan kontrak geothermal atau panas bumi Seulawah Agam.

Panas bumi Seulawah Agam membentang dari Seulimuem hingga Indrapuri sampai Krueng Raya.

Sehari sebelumnya ketemuannya saya diingatkan kembali tentang kekayaan milik Seulawah Agam itu. Kekayaan panas bumi yang membentang dari Seulimuem-Indrapuri- Krueng Raya.

Dari berita perpanjangan kontrak itu pula saya tahu  energi panas bumi  itu belum pernah terwujud dalam bentuk barang jadi. Menggerakkan turbin untuk mengalirkan stroom.

Belum jadi barang jadi  dalam bentuk turbin untuk dialiri stroom. Sejak ia ditemukan. Sejak teken meneken kontraknya dua puluh tahun lalu, tujuh tahun lalu dan pekan lalu.

Panas bumi itu nama kerennya energi geothermal. Energi panas bumi.

Panas bumi  sejak dulu saya sudah tahu. Sejak menjadi wartawan dan liputan Kamojang. Atau Minahasa sana.

Ia merupakan sumber energi yang terbentuk secara alami di bawah permukaan bumi. Bersumber dari  pemanasan bebatuan dan air bersama unsur-unsur lain yang dikandungnya di dalam kerak bumi.

Untuk itu ketemuan saya dengan anak teman itu punya misi khusus. Ia sendiri juga punya misi khusus. Kalau misi ketemu misi tentu akan lahir visi.

Sebut saja misi energi panas bumi. Panas bumi atau geothermal yang bisa salin dari isi kepalanya untuk saya tempel di tulisan ini. Salin dan tempel isi kepalanya yang  panas bumi.. eee panas otak….

Kan kini era penulisan ada kata salin dan tempelnya. Ke depan cukup dengan oral. Artificial intelejence.

Anak sang teman itu adalah seorang yang  tahu apa isi kerak bumi. Tahu macam-macam bebatuan. Jenis dan lempengannya. Tahunya ini karena ia orang geologi.

Alumni Institute Tekhnologi Bandung dengan strata satu geologi dan lanjut bea siswa ke Boston Universiti di strata dua dan tiga.

Boston yang Anda gak tahu seperti saya juga gak tahu adalah sebuah perguruan tinggi riset terhebat di dunia. Di Boston-lah anak sang teman menjadi orang geologi benaran.

Geolog yang  kemudiannya berkarir di chevron corporation. Chevron sebuah perusahaan energi terbesar dunia yang berkantor pusat di San Ramon, California dan aktif di lebih dari seratus delapan puluh negara.

Chevron bergerak dalam setiap aspek industri minyak, gas. Termasuk eksplorasi dan produksi. Plus pengilangan, pemasaran, dan transportasi. Semuanya.

Selain itu Chevron juga memasuki energi alternatif. Seperti geotermal, energi surya, angin, bahan bakar nabati, sel solar, dan hidrogen.

Dari dialah saya tahu, Chevron pernah menghabiskan dua miliar dolar untuk penelitian dan akuisisi perusahaan energi terbarukan.

Chevron sendiri mengklaim dirinya sebagai produsen energi geoterma; terbesar dunia.

Di Indonesia anak sang teman dekat dengan  pertamina geothermal energi tbk. Anak perusahaan pertamina power  yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi.

Saya tak diberitahu olehnya apakah ia bekerja di pertamina geothermal. Saya tak pernah tanya masalah ini. Wilayahnya privat. Pribadi. Sudah menjadi kebiasaan saya untuk menghindar masuk wilayah ini.

Walaupun secara personal saya sangat dekat dengannya. Kedekatan lewat ayahnya yang dulu satu kerja, satu kantor dan satu kos-an dengan saya di Jalan Perdana Medan.

Jalan Perdana yang arah beloknya bisa dari jalan Imam Bonjol, depan hotel dirga surya, atau lewat kesawan yang kemudian bersalin nama menjadi Jalan A Yani. Kesawan yang terkenal dengan rumah Tjong Afe.

Tjong Afe cina kaya yang ikut membangun masjid di depan Istana Maimun.

Dalam ngalor ngidul kami di mi sampit yang banyak menyebut cucu perusahaan pertamina itu. Perusahaan yang mengelola lima belas wilayah kerja sekaligus menjadi produsen energi geothermal terkemuka.

Secara sederhana, perusahaan ini memanfaatkan sumber panas bawah tanah dari magma untuk membuat air tanah menjadi panas. Air yang panas ini nantinya akan berubah menjadi uap air.

Sementara energi panas bumi merupakan energi yang bersumber dari panas yang terkandung dalam perut bumi dan pada umumnya berasosiasi dengan keberadaan gunung api.

Secara teknis, air yang bersumber di antaranya dari hujan akan meresap ke dalam batuan di bawah tanah hingga mencapai batuan reservoir.

Energi panas bumi memiliki manfaat untuk dijadikan energi alternatif menggantikan energi fosil yang tidak terbarukan.

Selain manfaatnya, dari anak sang teman juga saya tahu eksploitasi energi panas bumi geothermal dapat mengganggu sistem geologis bawah tanah, yang dapat memicu gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

Beberapa lokasi di mana pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dibangun mengalami peningkatan aktivitas gempa bumi

Memang, energi geotermal tidak akan pernah habis. Untuk itulah energi geotermal menjadi sumber energi yang terbarukan dan ramah lingkungan.

Tidak hanya itu, proses pengolahan geotermal tidak mengeluarkan banyak polusi. Sebut saja Sulawesi Utara. Provinsi ini berada di garda depan pemanfaatan panas bumi.

“Paling maju om  dalam penggunaan geotermal untuk energi listrik: sekitar empat puluh persen dari pasokan listriknya didapat dari energi geothermal,” kata si anak teman.

Kemudiannya saya sela. Seulawah Agam? Jawabnya: Hahaha….

Saya keok. Untuk kemudian lanjutnya, selain untuk menghasilkan listrik, geothermal juga bisa mengurangi emisi dan mengoptimalkan sumber daya energi natural domestik. Geothermal juga ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Ia mengakui , di lapangan muncul hambatan. Terutama penolakan warga atas proyek panas bumi ini karena takut bila lingkungannya ikut tercemar sebagai imbas dari penggalian panas bumi.

“Isunya lingkungan atau persoalan adat.”

Apa itu juga yang menghambat Seulawah Agam terhambat? sekali lagi jawabannya tetap hahah…

Dia pun menjelaskan bahwa pemerintah telah berupaya melakukan mitigasi agar masalah ini segera diselesaikan dan tidak terulang di masa depan.

Beberapa upaya tersebut antara lain mulai dari sosialisasi yang baik dengan melibatkan masyarakat sekitar, ketua adat, kepala suku, hingga pemerintah daerah supaya kegiatan eksplorasi dapat diterima pada wilayah itu.

Lantas saya mengingatkan tentang pertamina geothermal yang memperoleh izin perpanjangan kontrak eksplorasi panas bumi di seulawah agam. Kesepakatan meningkatkan pasokan energi bersih. Perpanjangan izin eksplorasi ini akan mengembangkan operasinya.

Perpanjangan izin eksplorasi ini mendukung tujuan pemerintah mencapai target net zero emission dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kerjasama ini dilakukan sebagai langkah strategis optimalisasi teknologi menggunakan binary technology dan steam recovery method.

Upaya terobosan dalam pengembangan energi panas bumi adalah mewujudkan program percepatan pembangunan listrik, dimana panas bumi ditargetkan sebagai salah satu sumber utamanya

Usai bicara mikro hambatan sang anak teman lanjut tentang kerak bumi. Tentang inti bumi  yang sangat panas karena dipengaruhi proses pembentukan planet yang memakan waktu cukup lama.

Panas inti bumi juga disebabkan oleh gesekan material inti bumi yang sifatnya padat, serta karena pengaruh unsur radioaktif

Walau suhu inti bumi mencapai ribuan derajat celcius, apa benar inti bumi jauh lebih panas dari matahari?

Pada bagian intinya, suhu panas matahari bisa mencapai lima belas juta derajat celcius. Dan suhu inti bumi hanya setara dengan suhu permukaan matahari saja.

Atau kata lainnya, inti bumi sangat tidak mungkin lebih panas dibanding matahari.

Energi panas yang dihasilkan matahari sendiri berasal dari proses fusi nuklir, yakni saat hidrogen diubah menjadi helium. Proses inilah yang menyebabkan suhu inti matahari  bisa mencapai derajat tertinggi.

Suhu inti bumi sendiri menurut penelitian  laboratorium berada diperkiraan suhu.

Tenaga panas bumi dianggap sebagai sumber energi terbarukan karena ekstraksi panasnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan muatan panas bumi.

Emisi karbondioksida pembangkit listrik tenaga panas bumi saat ini  kira-kira seperdelapan dari emisi pembangkit listrik tenaga batubara.

Negeri ini terutama seulawan agam dikaruniai sumber panas bumi yang berlimpah karena gunung api.

Cara mendapatkan panas bumi adalah mengebor tanah di daerah yang memiliki potensi untuk membuat lubang gas panas.

Lubang yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin uap yang tersambung ke generator.

Untuk panas bumi yang mempunyai tekanan tinggi, dapat langsung memutar turbin generator, setelah uap yang keluar dibersihkan terlebih dahulu.

Eksplorasi dan eksploitasi panas bumi untuk pembangkit energi listrik tergolong minim. Untuk menghasilkan energi listrik, pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya membutuhkan area seluas kecil

Begitu juga dengan area pembangkit listrik tenaga uapnya Hal ini sebagai jawaban kecemasan masyarakat mengenai dampak lingkungan eksploitasi panas bumi.

Terutama isu penebangan hutan di daerah yang memiliki potensi panas bumi.

Apakah panas bumi sama dengan panas matahari?

Suhu inti bumi hanya setara dengan suhu permukaan Matahari.

Panas bumi di bawah permukaan akan memanaskan air tanah, air ini kemudian menjadi uap yang menggerakkan turbin generator listrik.

Listrik ini akan dialirkan ke transmisi untuk didistribusikan. Energi geotermal memanfaatkan panas bumi, dan panas bumi itu sendiri tidak akan pernah habis.

Energi geothermal yang di rubah menjadi energy listrik dengan menggunakan peralatan turbin uap dan generator.

Uap geothermal di gunakan untuk memutarkan turbin yang menghasilkan energi listrik. Konsep dasarnya mirip seperti dynamo sepeda, hanya tenaga penggerakan nya adalah uap geothermal.

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang berkelanjutan jika dikelola dengan baik.

Sumber daya alam energi terbarukan meliputi panas bumi, sinar matahari, angin dan aliran dan terjunan air.

Selain untuk menghasilkan listrik, geothermal juga bisa mengurangi emisi dan mengoptimalkan sumber daya energi natural domestik. Geothermal juga ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Energi geotermal juga merupakan proven technology (teknologi yang sudah terbukti aman) dan ramah lingkungan.

Oleh karena itu, ketika sumber energi fosil dapat dikurangi penggunaannya atau bahkan dapat dialihkan menjadi sumber energi geotermal, kelestarian lingkungan akan lebih terjaga.

Kendala yang masih menghambat antara lain lokasi potensi panas bumi yang terletak di hutan konservasi.

Adanya resistensi masyarakat, permasalahan harga, pendanaan dan proses perizinan yang berhubungan dengan bisnis panas bumi.

Namun, penggunaan dan pengelolaan energi geotermal di Filipina jauh lebih tinggi  Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena cadangan energi fosil.

Saya bertanya kenapa pengembangan energi panas bumi sangat lambat?

Faktor: Risiko eksplorasi. Selain itu, juga terkait masalah izin dan waktu pembangunan pembangkit listrik. Masalah lainnya bisa Anda terjemahkan dengan kemauan sendiri: macam-macam.

Menurut anak sang teman pembangkit listrik tenaga panas bumi sebelum menghasilkan uap dan listrik terlebih dahulu ada yang namanya eksplorasi.

Belum ada desentralisasi. Kan sumber panas buminya berbeda-beda sesuai tempat eksplorasinya. Plus izin  eksplorasi yang lambat membuat investor merugi karena pembangunan pembangkit akan berjalan lambat.

“Beda tempat, beda eksplorasi, izin lama bertahun-tahun. Misal, orang butuh investasi proyeknya lima tahun hasilkan listrik. Karena izin lamban, biaya pengembangan proyek meningkat tajam,” tuturnya.

Menurut dia, lambatnya proses izin disebabkan kurang pahamnya pemerintah daerah tetang pembangkit listrik tenaga panas bumi itu sendiri.

Mereka tidak punya kapasitas dalam hal lelang panas bumi. Tahunya mereka lelang anggaran. Lelang proyek infrastruktur. Ada fee. Besar lagi. Tapi nilai peng-nya grik.

Sedang lelang panas bumu mainnya juta dollar. Yang satu dolarnya lima belas ribu rupiah. Kalikan saja angkanya peng mirah ini.[]

  • Darmansyah adalah wartawan senior, penulis “Kolom Bang Darman”