Di Aceh Selatan, Bocah 9 Tahun ‘Terjun Bebas’ di Jembatan Gantung Rusak

Jembatan gantung di Dusun Alue Sejahtera, Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan rusak parah sehingga sangat membahayakan masyarakat yang melintas. (Dok Desa Panton Luas)

PORTALNUSA.com | TAPAKTUAN – Jembatan gantung di Dusun Alue Sejahtera, Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan bertahun-tahun rusak sehingga mengancam jatuhnya korban jiwa masyarakat yang melintas.

Muhammad Fulqan Maulana, bocah Gampong Panton Luas, korban terjatuh di jembatan gantung Dusun Alue Sejahtera, Desa Panton Luas, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. (Dok Desa Panton Luas)

Keuchik Panton Luas, Syamsuir kepada Portalnusa.com, Sabtu 22 Juli 2023 mengatakan, kondisi jembatan gantung di Dusun Alue Sejahtera itu semakin memprihatinkan.

“Lantai jembatan semakin lapuk, tiang-tiang penyanggga karatan. Jembatan ini sudah berusia puluhan tahun dibangun oleh program AMD,” kata Syamsuir.

Beberapa hari lalu, kata Syamsuir, seorang bocah bernama Muhammad Fulqan Maulana terjatuh saat melintas di jembatan yang keropos itu.

“Lantai jembatan patah ketika bocah itu melintas. Dia terjatuh ke sungai. Untung saja masyarakat melihatnya sehingga cepat dibantu. Meski tidak sampai merenggut korban nyawa tetapi ini menjadi peringatan betapa berbahayanya jembatan itu,” ucap Syamsuir.

Syamsuir menjelaskan, jembatan gantung tersebut salah satu akses masyarakat menuju pusat kecamatan. Selain itu di Gampong Panton Luas juga banyak fasilitas umum seperti masjid dan sekolah.

 “Kami berharap pemerintah secepatnya memperbaiki atau membangun baru jembatan gantung itu agar tidak jatuh korban berikutnya,” demikian Keuchik Syamsuir.[]