Sembilan Mantan Narapidana Teroris Ikut Upacara HUT Ke-78 RI di Jantho

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto foto bersama Forkopimda dan mantan narapidana teroris seusai upacara HUT ke-78 RI di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, Kamis, 17 Agustus 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Sebanyak sembilan mantan napiter (narapidana teroris) mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan Bungong Jeumpa, Aceh Besar, Kamis, 17 Agustus 2023.

Upacara HUT ke-78 RI di Kota Jantho berlangsung khidmat dipimpin oleh Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM. Upacara dikuti pelajar, PNS jajaran Pemkab Aceh Besar, OKP, dan TNI/ Polri.



Keikutsertaan sembilan napiter pada upacara itu menjadi bukti konkret mereka telah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Alhamdulillah, dengan kesadaran sendiri, mereka ikut upacara HUT Kemerdekaan RI pagi ini. Ini sebuah bukti jika mereka benar-benar telah sadar dari kekhilafan yang mereka lakoni dulu,” kata Iswanto.

Paskibra yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih terdiri 72 orang, merupakan siswa SMA dan SMK sederajat di Aceh Besar dan juga didukung personel TNI/Polri.

Pj Bupati Aceh Besar menyerahkan bantuan kepada para napiter sebagai bagian dari upaya pemberdayaan merka.

“Kita berikan sebagai stimulan agar mereka nantinya lebih mandiri, juga sebagai bukti jika negara tetap bersama mereka,” tutur Iswanto.

Selain itu juga diberikan bantuan kepada ahli waris Sadina Hambali, korban bencana sosial yang terseret arus sungai.

“Bantuan itu dulu kita usulkan ke Kemensos, dan kini telah dicairkan. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban keluarga,” lanjut Iswanto.

Iswanto mengatakan dirinya bersama Forkopimda sehari sebelum upacara juga melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional, Teuku Nyak Arief di Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Setelah upacara HUT RI di Lapangan Bungong Jeumpa, Pj Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda dan Kepala OPD berjalan kaki menuju lokasi galeri foto pembangunan Aceh Besar yang digelar MC Aceh Besar, Kominfo dan Prokopim Setdakab Aceh Besar.

Selain pameran HUT ke-78 RI di Kota Jantho diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba azan kepala OPD yang digelar di Kantor Dinas Syariat Islam Aceh Besar, panjat pinang, lomba lompat karung, lomba galah, tarik tambang dan aneka lomba lainnya yang digelar di lapangan Bungoeng Jeumpa. []