Pengusaha Media Siber di Aceh Launching Asosiasi Bernama AMSA

Pj Gubernur Aceh diwakili Kadiskominfo Aceh Marwan Nusuf foto bersama dengan pematari seminar UMKM dan pimpinan media pada acara launching Asosiasi Media Siber Aceh (AMSA) di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Senin, 21 Agustus 2023. (Foto Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki diwakili Kadiskominfo Aceh, Marwan Nusuf me-launching Asosiasi Media Siber Aceh (AMSA) di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Senin, 21 Agustus 2023.

Ketua AMSA, Syarbaini Oesman dalam laporannya mengatakan, AMSA dibentuk dengan motivasi bagaimana membawa industri pers di era digital ini menuju sebuah stuasi yang lebih baik.

AMSA, kata Syarbaini ingin melakukan sesuatu yang lebih baik kepada manajemen (perusahaan) dan jurnalis yang tergabung ke AMSA.

“Kita ingin membangun perusahaan media yang sehat dan profesional. Dengan kuatnya perusahaan insya Allah akan bisa menjamin kesejahteraan wartawannya. Sulit bagi seorang wartawan untuk profesional dan menjaga idealisme tanpa kesejahteraan,” kata Syarbaini.

Untuk tujuan pembangunan ekonomi yang menjadi salah satu fungsi pers yaitu sebagai lembaga ekonomi, Syarbaini berharap bisa membangun kerja sama dengan pemerintah dan dunia usaha dengan konsep kerja sama saling mendukung.

Untuk saat ini, sejumlah perusahaan media di Aceh yang berusia di bawah lima tahun (start-up) telah bergabung di AMSA, di antaranya Kabaraktual.id (PT Kanal Media Informasi); Lensapost.net  (PT Lensa Digital Transpormasi); Mediananggroe.com (PT Media Nanggroe Bersama);; Orinews.id (PT Munara Original Media); KontrasAceh.net (PT Atra Agaisha Media Kontras); jbnn.net (PT Journal Media Mandiri); Portalnusa.com (PT Media Nusa Inti); dan donyasport.com (PT Media Rayasu Donya).

Apresiasi AMSA

Pj Gubernur Aceh diwakili Kadiskominfosa, Marwan Nusuf mengucapkan selamat atas lahirnya satu lagi asosiasi media siber bernama Asosiasi Media Siber Aceh (AMSA).

Menurut Marwan, AMSA diharapkan bisa menjadi wadah pembinaan bagi perusahaan media di Aceh hingga melahirkan perusahaan dan karyawan termasuk wartawan yang profesional.

Di era globalisasi, media massa berkembang sangat pesat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Ratusan ribu media massa online atau siber tumbuh dengan berbagai model di Indonesia, tidak terkecuali di Aceh.

Informasi tak lagi terbatas oleh wilayah dan negara, menyebar begitu cepat. Berita hari ini di Aceh, bisa dibaca dalam hitungan menit di Jakarta, Papua, bahkan di luar negeri.

Para pengusaha media siber kemudian membuat wadah untuk menyatukan diri dalam berbagai perkumpulan, sehingga muncullah sejumlah serikat/asosiasi/jaringan media siber di Indonesia, termasuk di Aceh.

“Salah satunya yang kita luncutkan hari ini adalah Asosiasi Media Siber Aceh (AMSA). Kami ucapkan selamat atas kehadiran AMSA,” demikian Pj Gubernur Aceh.[]