10 Pondok Santri Gontor 8 di Aceh Besar Terbakar, Iswanto: Kami Berduka

Kebakaran menghanguskan tidak kurang 10 rangkang (pondok santri) Pesantren Modern Gontor 8 di pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan, kawasan Seulimuem, Aceh Besar, Rabu dinihari, 23 Agustus 2023. (Foto BPBD Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Tidak kurang 10 rangkang (pondokan santri) Pesantren Modern Gontor 8di Gampong Meunasah Baroe,

Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar musnah terbakar, Rabu dinihari, 23 Agustus 2023.



Info terjadinya kebakaran diterima petugas piket Damkar BPBD Aceh Besar Pos Induk Seulimum yang disampaikan petugas damkar lepas piket.

Merespons laporan itu, petugas langsung berkoordinasi dengan Pos Saree dan Pos Jantho serta Pos Induk Sibreh dan selanjutnya bergerak ke lokasi.

BPBD Aceh Besar mengerahkan delapan unit armada pemadan dari Pos Seulimum 2 unit, Pos Saree 1 unit, Pos Jantho 2 unit, dan Pos Induk Sibreh 3 unit dengan dukungan 25 personel.

Setiba di lokasi api sudah membesar dan sudah menghabiskan seluruh isi dalam ruangan yang ditempati oleh santri.

Beberapa Alquran, kitab serta pakaian dan perlengkapan santri musnah.

Upaya pemadaman ikut dibantu personel TNI (Koramil setempat) Polri  ( Polsek setempat) masyarakat serta santri dan dewan guru. Pemadaman/pendinginan baru selesai dilakukan pukul 06.00 WIB.

Pesan Duka Pj Bupati

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto yang sedang di Jakarta, secara khusus menyampaikan dukacita dan rasa pihatin mendalam atas musibah Gontor 8.

“Saya telah instruksikan jajaran untuk melakukan penanggulangan pascabencana secara maksimal termasuk Kadis Sosial untuk segera dalam kesempatan pertama menurunkan bantuan masa panik,” kata Iswanto.

“Penanganan pascabencana, menurut Iswanto harus benar-benar maksimal karena menyangkut nasib ratusan santri yang kehilangan tempat tinggal dan logistik harian,” tegas Iswanto sebagaimana dikutip AcehHerald.com, Rabu subuh, sejenak sebelum kembali ke Aceh.[]