Donasi Aceh untuk Korban Gempa Turki Rp 11 Miliar Diserahkan

Kalak BPBA, Dr. Ir Ilyas didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Muhammad Hasan, SSi, M.Si dan disaksikan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat SSTP, M.Si (paling kanan) menyerahkan secara simbolis donasi pemerintah dan masyarakat Aceh untuk korban gempa Turki melalui Duta Besar Turki Prof. Dr. Talip Küçükcan di Ruang Kerja Dubes Turki di Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan Timur Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis 24 Agustus 2023. (Foto: Humas BPPA)

PORTALNUSA.COM | JAKARTA – Pemerintah Aceh menyerahkan donasi kepada korban bencana gempa bumi yang melanda negara Turki pada Februari 2023. Donasi diserahkan melalui Kedutaan Besar Turki dengan total Rp 11 miliar lebih.

Dana tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kalak BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP mewakili Pj Gubernur Aceh didampingi Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat SSTP, M.Si dan Pengurus Forum PRB Aceh.

Delegasi dari Aceh diterima langsung oleh Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Prof. Dr. Talip Küçükcan di ruang kerja Dubes Turki di Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan Timur Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis 24 Agustus 2023.

Kalak BPBA mengatakan bantuan ini merupakan bentuk rasa persaudaraan yang tinggi dari masyarakat Aceh dengan Turki terutama masyarakat terdampak gempa Turki beberapa bulan lalu.

Penggalangan bantuan didasari Instruksi Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang disampaikan kepada para bupati/wali kota se-Aceh, Kepala SKPA, BUMN, BUMA, instansi vertikal dan seluruh masyarakat Aceh.

“Ini merupakan penyerahan akhir donasi yang terhimpun. Totalnya Rp 11 miliar yang bersumber dari berbagai kalangan di seluruh kabupaten/kota di Aceh,” kata Ilyas di ruang kerja Dubes Turki.

Ilyas menjelaskan, hubungan Indonesia dengan Turki sangatlah erat. Turki adalah bangsa yang membantu Indonesia saat gempa bumi tahun 2004 di Aceh dan bencana-bencana lainnya.

“Turki termasuk negara yang berperan aktif dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pascatsunami menerjang pada 26 Desember 2004 silam, saya sangat teringat waktu tsunami Aceh, Turki membantu kita dengan donasi yang sangat besar, dan itu digunakan untuk berbagai keperluan korban tsunami Aceh,” katanya.

Oleh sebab itu, masyarakat Aceh bersenang hati membantu Turki yang mengalami musibah gempa. Masyarakat Aceh sangat mencintai Turki, karena sejarah Aceh dan Turki sangat erat.

Sementara Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Prof. Dr. Talip Küçükcan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh.

Dia mengatakan sumbangan itu akan diserahkan langsung untuk korban gempa Turki sesuai dengan mekanismenya.

“Saya harap bentuk dukungan ini juga akan memperkuat hubungan antara Turki dan Aceh, juga antara Turki dan Indonesia ke depan,” ujarnya.

Talip menyampaikan Aceh merupakan daerah yang memiliki hubungan emosional tinggi dengan Turki. Bahkan dia berencana untuk berkunjung ke Aceh untuk menghimpun kembali histori Turki dan Aceh.

“Terima kasih dan insyaallah kita akan ke sana (Aceh) mungkin juga dengan orang-orang yang dulu datang saat tsunami 2004. Mungkin itu jadi delegasi ke Aceh bersama Dubes Turki,” katanya.[]