Pj Bupati Iswanto Dampingi Kapolda Salurkan Buku, Tanam Pohon dan Bantuan Sumur Bor

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mendampingi Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko SIK MH melakukan pengecoran pertama pembangunan sumur bor untuk masyarakat Maheng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Jumat, 6 Oktober 2023. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM , Jumat, 6 Oktober 2023 mendampingi Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko SIK MH menyalurkan buku dan penanaman pohon di Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan, Gampong Krueng Jreu, Kecamatan Indrapuri.

Selain ke Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan, Iswanto juga mendampingi Kapolda menyerahkan bantuan sumur bor untuk Gampong Maheng, Kecamatan Kuta Cot Glie.

Pj Bupati Iswanto menyambut hangat kunjungan kerja pertama Irjen Kartiko di Aceh Besar sejak dilantik oleh Kapolri sebagai Kapolda Aceh seminggu yang lalu.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Aceh Besar, sejak dilantik oleh Kapolri, Pak Kapolda Kartiko langsung ke Aceh Besar dalam rangka penyaluran buku, penanaman pohon di Pesantren Oemar Diyan,” ujar Iswanto.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan buku serta berkenan melakukan kegiatan penghijauan serta membantu sumur bor untuk masyarakat Maheng.

“Terima kasih Pak Kapolda, dalam kondisi kemarau sekarang ini, sumur bor bantuan Polri ini sangat dibutuhkan masyarakat Maheng,” kata Iswanto.

Kapolda Aceh juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari masyarakat Aceh Besar. Dirinya juga mengaku terhormat bertugas di Aceh dengan segala keramahan dan kearifan lokalnya.

Di samping itu, Achmad Kartiko menyampaikan bahwa disrupsi informasi di media sangat mempengaruhi opini di tengah masyarakat, sehingga penyaluran buku yang dilakukan pihaknya bertujuan memperdalam literasi anak-anak generasi masa depan.

“Penyaluran buku ini bagian dari program Polri Peduli Budaya Literasi yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di seluruh Nusantara,” kata alumni Akabri 1991 itu.

Menurutnya, Polda Aceh menargetkan pendistribusian buku atau kitab sebanyak 22.000 eksemplar di 160 lokasi berbeda di Provinsi Aceh. Ia berharap, penyaluran buku ini bermanfaat untuk meningkatkan minat baca dan memperkuat literasi generasi anak bangsa.

Selain itu, Kapolda juga mengatakan bantuan sumur bor untuk masyarakat Maheng juga merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan serta meningkatkan perekonomian warga akibat dampak global warming dan elnino.

“Semoga bantuan sumur bor ini dapat membantu masyarakat Maheng di tengah kondisi yang tidak dapat diprediksi,” harapnya sambi menambahkan Polri sebagai mitra masyrakat akan terus bersama-sama masyarakat menciptakan keamanan dan ketertiban sehingga pembangunan berjalan dengan baik. []