Pj Bupati Aceh Besar Lakukan Panen Gadu 2023, “Keberhasilan di Tengah Cuaca Ekstrem

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto didamping Kadistan Aceh Besar memanen padi dengan combine harvester saat panen raya padi MT Gadu Tahun 2023 di Kecamatan Simpang Tiga, Gampong Lamjamee Lamkrak, Kamis, 12 Oktober 2023. (Foto Prokopim Setdakab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melakukan panen perdana Masa Tanam (MT) Gadu 2023 di persawahan Gampong Lamjamee Lamkrak, Simpang Tiga, Kamis, 12 Oktober 2023.

Hadir pada panen perdana MT Gadu 2023 tersebut anggota DPRK Aceh Besar, Kapolres diwakili Kapolsek Simpang Tiga, Dandim 0101/BS diwakili Danramil Simpang Tiga, Kajari Aceh Besar, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kepala BMKG, Camat Simpang Tiga, Ketua KTNA Aceh Besar, Imum Mukim, Kelompok Tani, Penyuluh Pertanian dan tokoh masyarakat Simpang Tiga.

Dalam pidatonya Iswanto mengajak petani agar bersyukur atas hasil panen yang menggembirakan, karena di tengah cuaca ekstrem, namun dengan ikhtiar dan doa akhirnya para petani mampu menggarap dan merawat dengan baik sehingga bisa panen pada hari ini.

“Ini hari yang menggembirakan bagi petani, sehingga patut disyukuri dengan ikhtiar dan doa, walaupun cuaca ekstrem namun para petani mampu menggarap, merawat dengan baik tanaman sehingga bisa panen,” tutur Iswanto.

Iswanto mengapresiasi Dinas Pertanian Aceh Besar dan para penyuluh yang tak kenal lelah terus mendampingi serta memberikan informasi kepada para petani terkait kondisi alam, langkah-langkah yang harus ditempuh serta menerima masukan dan keluhan dari petani.

“Pemerintah telah menerima semua masukan dan keluhan dari petani melalui Penyuluh dan Dinas Pertanian, baik terkait pupuk yang akhirnya telah kita temukan solusi serta terkait irigasi yang akan terus kita upayakan secara bertahap,” ujarnya.

Kadis Pertanian Aceh Besar, Jakfar, SP, MSi mengatakan luas area tanam di Kecamatan Simpang Tiga untuk MT Gadu 2023 120 hektare, dari luas semua persawahan 550 hektare.

Ia juga mengatakan mayoritas masyarakat di sini menggunakan varietas Ciherang dan impari 32, terutama yang ditanami di kawasan Lamjamee Lamkrak.

Koordinator Penyuluh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Simpang Tiga Khaidir SP mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pj Bupati Aceh Besar untuk melakukan Panen Perdana di hamparan sawah Lamjamee Lamkrak, sebagaimana harapan dari petani.[]