Tak Terlihat Kapal, Imigran Rohingya Mendadak Muncul di Pantai Peudada

Imigran Rohingya diamankan masyarakat di balai pengajian Gampong Matang Pasie, Kecamatan Peudada sebelum digeser ke SKB Bireuen, Kecamatan Kota Juang, Senin, 16 Oktober 2023. (Foto Ist for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BIREUEN – Masyarakat Gampong Matang Pasie, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen dikejutkan kemunculan serombongan besar imigran Rohingya di desa mereka, Senin pagi, 16 Oktober 2023.

Kapolres Bireuen, AKBP Jatmiko melalui Kabag Ops, AKP Mukhtar mengungkapkan, sebanyak 36 imigran Rohingya terdiri 14 laki-laki dan 12 perempuan dewasa plus 10 anak-anak mendarat di pesisir pantai Gampong Matang Pasie, Kecamatan Peudada, Bireuen, Senin pagi, 16 Oktober 2023 sekitar pukul 06.00 WIB.



“Masyarakat yang mengetahui ada imigran Rohingya yang mendarat di Pantai Peudada langsung memberikan pertolongan. Mereka dibawa ke balai pengajian desa itu dan selanjutnya melaporkan kepada pihak berwajib,” kata AKP Mukhtar.

Pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan pemerintah dan membawa imigran Rohingya tersebut ke Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bireuen di Kecamatan Kota Juang sebagai tempat penampungan sementara.

Polisi juga sedang menyelidiki terkait kedatangan imigran Rohingya tersebut. Soalnya petugas tak menemukan kapal apapun yang mengangkut mereka.

“Tidak ditemukan kapal, makanya masih dalam penyelidikan kita. Tiba-tiba (mendarat di pantai) dan diketahui warga. Informasinya masih simpang-siur,” demikian Kapolres Bireuen.[]