SPBU-N Lhoknga Solusi untuk Nelayan Empat Kecamatan di Aceh Besar

SPBUN Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar melayani kebutuhan BBM subsidi untuk nelayan empat kecamatan di Aceh Besar, yaitu Lhoknga, Leupung, Peukan Bada, dan Lhoong, (Foto Akramul Muslim/Portalnusa.com)

Laporan Akramul Muslim, Banda Aceh

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR –  Stasiun  Pengisian Bahan Bakar Umum-Nelayan (SPBU-N) di Gampoeng Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar dilaporkan mampu memfasilitasi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan di empat kecamatan.

“Ya, SPBUN ini bisa memfasilitasi kebutuhan BBM untuk empat kecamatan yaitu Peukan Bada, Lhoknga, Leupung, dan Lhoong,” kata Adm & Operator SPBU-N Lhoknga, Arfandi Murtaza kepada Portalnusa.com, Jumat, 27 Oktober 2023.

Menurut Arfandi, SPBU-N Lhoknga lahir hasil kolaborasi tiga kementerian yaitu Kementerian Koperasi UKM, Kementerian Kelautan, dan Kementerian BUMN.

“SPBU-N ini sebagai solusi bagi nelayan yang selama ini bersusah payah mengantri di SPBU umum,” kata Arfandi.

Dikatakannya, dengan adanya SPBU-N subsidi ini, nelayan  yang menggunakan mesin 1 GT mendapatkan 33 liter/hari. “Begitu juga yang lainnya disesuaikan dengan mesin boat,” katanya.

Sebanyak tiga ton 3 ton BBM (solar) subsidi, menurut Arfandi cukup memfasilitasi kebutuhan nelayan dari empat kecamatan di Aceh Besar.

Dikatakan Arfandi, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dipercaya oleh pemerintah untuk mengawasi SPBUN ini dan bisa mengusulkan pemograman SPBUN ini kepada pemerintah supaya memudahkan bahan bakar untuk boat nelayan di empat kecamatan di Aceh Besar. []