Lautan Massa Sambut Kedatangan Anies di Aceh Utara

Capres Anies Rasyid Baswedan berpidato di depan massa pendukungnya di Lapangan Bumi Gas, Tanah Luas, Aceh Utara, Rabu, 1 November 2023. (Foto Teuku Moundary/Portalnusa.com)

Laporan Teuku Moundary, Aceh Utara

PORTALNUSA.com | ACEH UTARA – Acara ‘Anies Saweu Syedara’ yang dipusatkan di Lapangan Bumi Gas, Tanah Luas, Aceh Utara berubah layaknya lautan massa ketika capres yang diusung Koalisi Perubahan tersebut menemui pendukungnya di Aceh Utara dan Lhokseumawe, Rabu, 1 November 2023.

Pantauan media ini, ribuan warga Aceh Utara dan Lhokseumawe dari berbagai golongan berbondong-bondong memadati Lapangan Bola Bumi Gas, Tanah Luas meski dalam cuaca panas menyengat.

Dalam kunjungan tersebut, Anies Rasyid Baswedan didampingi sang istri. Kehadirannya disambutan gemuruh shalawat dari massa pendukung.

Anies juga didampingi para petinggi partai Koalisi Perubahan, di antaranya Waketum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPW NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi, Ketua DPD NasDem Aceh Utara Zubir, Ketua DPW PKS Aceh Tgk. Makhyaruddin Yusuf, dan Ketua DPW PKB Aceh Irmawan.

Selain dari partai koalisi, juga hadir tiga pimpinan partai lokal Aceh yaitu Ketua Umum Partai Adil Sejahtera (PAS) Tu Bulqini, Ketua DPW Partai Darul Aceh (PDA) Aceh Utara Tgk. Khairul Rizal, dan Majelis Tinggi Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA) M. Nazar.

Dalam pidatonya Anies menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir ke acara ini. Menurutnya, pada akhir 2022 dia juga datang ke Banda Aceh dan warga Aceh menyerukan agar Indonesia lebih adil sehingga Aceh lebih berkeadilan.

Dia juga mengatakan, berdasarkan data Statistik Kependudukan Tahun 2022, Aceh Utara merupakan kabupaten dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbesar di Provinsi Aceh yang memiliki 23 kabupaten/kota. DPT Aceh Utara sebanyak 426.471 orang.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Provinsi Aceh memiliki DPT 3.749.037 pemilih di Pemilu 2024 (sekitar 2% dari total DPT Indonesia), naik dibandingkan dengan Pemilu 2019 sebanyak 3.523.774 pemilih.[]