Ngobrol Bersama Milenial Lhokseumawe, Anies Angkat Isu Lapangan Kerja

Anies Baswedan ketika berdiskusi dengan kaum milenial di salah satu cafee di Kota Lhokseumawe, Rabu, 1 November 2023. (Foto Teuku Moundary/Portalnusa.com)

Laporan Teuku Moundary, Lhokseumawe

PORTALNUSA.com | LHOKSEUMAWE – Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan menemui ratusan milenial di salah satu cafee di Jalan Merdeka, Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu, 1 November 2023.

Pertemuan Anies dengan anak muda Lhokseumawe merupakan rangkaian kegiatan ‘Anies Saweu Syedara’ di Aceh yang dipusatkan di Aceh Utara dan Lhokseumawe.

Di cafee tersebut, sosok capres yang diusung oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS ini menggelar diskusi bertajuk ’Obrolan Santai (Obras) Bareng Anies’.

“Saya sampaikan terima kasih kepada adik dan masyarakat semua yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini di Kota Lhokseumawe,” kata Anies.

Baca: Lautan Massa Sambut Kedatangan Anies di Aceh Utara

Sambil diskusi, Anies terlihat sangat menikmati kopi yang disuguhkan. “Saya akui kopi di Aceh ini luar biasa enak,” sebut Anies disambut tepuk tangan para milenial peserta diskusi.

Dikatakan Anies, dirinya banyak bertemu dengan pemuda milenial dari berbagai daerah yang kemudian menyampaikan aspirasi sekaligus mengajukan pertanyaan-pertanyaan soal ekonomi dan bagaimana nanti ke depan jika dirinya terpilih menjadi Presiden.

“Banyak yang bertanya tentang lapangan pekerjaan karena kesulitan mencari pekerjaan merupakan masalah utama dihadapi anak-anak muda. Hal ini kita sampaikan harus menjadi prioritas untuk menyediakan lapangan pekerjaan, bukan hanya di kota-kata besar, tetapi di kota menengah dan kecil sehingga generasi milenial tidak harus berpindah untuk mendapat pekerjaan,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, bantuan untuk kegiatan ekonomi mikro, kecil, dan menengah menjadi prioritas dan hal itu yang menyerap lapangan pekerjaan paling banyak.

Menurut dia, sektor industri kreatif dan sektor pariwisata merupakan dua sektor yang bisa dikembangkan dengan cepat dan menyerap lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan itu paling penting dan itu yang utama.

Anies juga menyinggung kualitas pendidikan. Para orang tua menginginkan agar pendidikan karakter dan pendidikan akhlak itu menjadi prioritas.

“Saya sampaikan memang kita memiliki prioritas di bidang pendidikan, intinya selain pendidikan yang utama tetapi tenaga dari pendidik juga harus lebih mempuni agar bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang efisien,” katanya.

Di sesi akhir Obras, Anies juga menyingung soal ekonomi pangan saat ini. “Peningkatan ekonomi juga menjadi sesuatu yang utama termasuk mengendalikan harga kebutuhan pokok,” demikian Anies Baswedan. []