Terpilih Jadi Ketua Pertina Aceh, Ini Target yang Disasar Muksalmina

Muksalmina (kiri) terpilih sebagai Ketua Umum Pertina Aceh Periode 2023-2027 melalui Musda yang berlangsung di Banda Aceh, 25-26 November 2023.(Dok Panitia for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH –  Muksalmina yang lebih dikenal dengan panggilan Mex terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Aceh Periode 2023-2027 melalui Musyawarah Daerah (Musda) di Banda Aceh, 25-26 November 2023.

Informasi yang diterima Portalnusa.com dari Muliadi selaku Ketua Panitia Pelaksana Musda Pertina Aceh menyebutkan, prosesi musyawarah yang dihadiri 20 Pengcab Kabupaten/Kota se-Aceh belangsung lancar sesuai aturan dan AD/ART Organisasi.



Ketua Pertina Aceh periode sebelumnya, Azhari Cagee berpesan kepada Pengurus Pertina Aceh yang baru untuk menjalankan roda organisasi secara lebih baik lagi sehingga semua program bisa terlaksana dan memberikan hasil maksimal.

Wakil Ketua KONI Aceh, T. Rayuan Sukma dalam arahannya menyatakan optimis pengurus baru di bawah kepemimpinan Muksalmina akan mampu menjadikan Pertina Aceh mencdapai hasil terbaik.

“Orang Aceh memiliki mental petarung pantang menyerah dalam berbagai usaha, termasuk untuk memajukan organisasi. Semoga Pertina Aceh bisa mewujudkan berbagai program yang telah disusun melalui forum musyawarah,” kata T Rayuan Sukma.

Ikut pula memberikan sambutan yang mewakili PB Pertina, Syarkawi dengan mengatakan pihaknya sangat bannga dan terharu atas keberhasilan Pertina Aceh memilih ketua baru yang masih muda, energik, dan aktif di berbagai cabang olahraga di Aceh.

Target ketua baru

Setelah terpilih ketua umum yang baru, langsung saja ketua terpilih membentuk tim formatur untuk menyusun kepengurusan lengkap.

Tim formatur diketuai Muksalmina dengan Sekretaris Syarkawi dan tiga anggota masing-masing Agus Salim, Alim Mufid, dan Noverizal.

Muksalmina mengatakan, tim formatur berharap dalam waktu dua hari bisa merampungkan susunan Pengurus Pertina Aceh Periode 2023-2027 agar bisa secepatnya melaksanakan berbagai program kerja.

Muksalmina juga menegaskan tentang visi Pertina Aceh, yaitu:

  1. Pembinaan atlet usia pelajar di 23 kabupatan/kota se-Aceh agar nantinya tinju dapat dipertandingkan di Popda Aceh 2026 karena tinju juga dipertandingkan di Popnas mendatang;
  2. Pembinaan atlet tinju Aceh secara maksimal dan kontinyu sehingga atlet tinju dapat berprestasi dengan baik di PON Aceh-Sumut 2024.

Untuk PON Aceh-Sumut 2024, pria yang akrab disapa Mex ini menargetkan mendulang dua medali emas.

Selain target dua emas di PON Aceh-Sumut, Mex juga akan melakukan peningkatan SDM pelatih dan wasit.

Untuk peningkatan SDM pelatih dan wasit, pihaknya akan mengirikan Pengurus Pertina Aceh ikut pelatihan  tingkat nasional. Sementara untuk peningkatan SDM atlet akan fokus mengirimkan petinju Aceh pada event nasional dan internasional.

“Bagi atlet yang akan melanjutkan kuliah ke berbagai universitas, jika berprestasi akan kita upayakan beasiswa,” tandas Mex.

Peningkatan sarana dan prasrana Pertina Aceh juga menjadi program kerja kepengurusan periode 2023-2027.

Sedangkan misi Pertina Aceh adalah menjadikan petinju Aceh sebagai juara di setiap event baik event daerah maupun nasional sehingga harkat dan dan martabat tinju Aceh dapat kembali seperti masa lalu di mana petinju Aceh disegani di seluruh penjuru Indonesial.

“Sang halilintar Aceh siap menggempur event-event nasional,” demikian Muksalmina.[]