Danlanal Lhokseumawe Resmikan Kampung Bahari Nusantara di Bireuen

Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Andi Susanto menandatangani prasasti peresmian Desa Neubok Naleung di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen sebagai Kampung Bahari Nusantara, Senin, 4 Desember 2023.(Foto T Moundary/Portalnusa.com)

Laporan T. Moundary, Lhokseumawe

PORTALNUSA.com | BIREUEN – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Andi Susanto meresmikan Desa Neubok Naleung di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti berlangsung Senin, 4 Desember 2023. Danlanal didampingi Panglima Laot Pedada Muhammad Karim, Danramil Peudada Letda Inf Ferri, dan pejabat Pemkab Bireuen.

Kepada Portalnusa.com, Danlanal Lhokseumawe mengatakan peresmian Kampung Bahari Nusantara sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut dalam mendukung percepatan pembangunan daerah pesisir yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Peresmian ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta kedekatan antara TNI dan masyarakat,” kata Kolonel Andi.

Menurutnya, terdapat lima klaster untuk menunjang kesejahteraan rakyat, yaitu klaster pertahanan, ekonomi, pendidikan, pariwisata dan kesehatan.

“Masing-masing klaster tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan l\Laut yang dikemas dalam bentuk Kampung Bahari Nusantara. Ada juga bantuan yang kita berikan seperti benih udang sebanyak 100.000 benih, dan bantuan laptop untuk keperluan Guru PAUD di desa binaan,” kata Danlanal Lhokseumawe.

Panglima Laut Peudada menyampaikan apresiasi kepada TNI AL dari Lanal Lhokseumawe atas dipilihnya kawasan Desa Neubok Naleung sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Camat Peudada, Erri Seprinaldi S.Stp. S.Sos. M.Si mengharapkan dengan dicanangkannya Desa Seuneubok Naleung sebagai Kampung Bahari Nusantara dapat mengedukasi kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir, sehingga dapat mengubah kondisi pesisir yang ada saat ini menjadi lebih bersih dan indah.

Kampung Bahan Nusantara (KBN) merupakan program yang dibentuk guna mengangkat potensi maritim suatu wilayah.

Dalam KBN terdapat 5 klaster utama, yaitu klaster pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan, dan pariwisata.

Klaster pertahanan membuat masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara. Kedua, klaster ekonomi, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pendampingan.[]