Dari Kantor Gubernur, Rohingnya Dipindahkan ke Scout Camp Seulawah

Dengan menggunakan empat unit truk, sebanyak 137 jiwa pengungsi Rohingya diberangkatkan dari Kantor Gubernur Aceh ke Scout Camp Seulawah, Pidie, pukul 22.30 WIB, Minggu, 10 Desember 2023. (Dok RAPI, Muhammad Dafa/JZ01ABA)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Setelah sekitar dua setengah jam bertahan di teras Kantor Gubernur Aceh, akhirnya pengungsi Rohingya diangkut lagi ke penampungan baru di Scout Camp Seulawah, pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan (pegunungan Seulawah), Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, pukul 22.30 WIB, Minggu, 10 Desember 2023.

Truk pengangkut pengungsi Rohingya dari Krueng Raya, Aceh Besar dikawal polisi berhenti di depan Kantor Imigrasi Banda Aceh namun tak bisa ditampung di kantor tersebut karena sedang proses renovasi. (Foto Portalnusa.com)

Relawan RAPI Banda Aceh yang memantau penanganan pengungsi Rohingya tersebut melaporkan, ada empat truk yang membawa ‘manusia perahu’ itu ke Scout Camp Seulawah berjarak sekitar 79 kilometer arah timur Banda Aceh.



Pengungsi Rohingya menjelang meninggalkan Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Minggu siang, 10 Desember 2023. (Foto RAPI/JZ01MAF)

“Truk yang kami lihat mengangkut pengungsi Rohingya dari Kantor Gubernur Aceh yaitu truk TRC BPBD Aceh Besar, truk Satpol PP/WH Aceh Besar, truk Satpol PP/WH Kota Banda Aceh, dan satu truk lainnya yang tidak terbaca dari instansi mana. Konvoi dikawal oleh kepolisian,” kata relawan RAPI Banda Aceh, Muhammad Dafa/JZ01ABA didampingi rekannya, Dian Rizki/JZ01BYA.

Baca: Warga Aceh Besar Angkut Rohingya ke Kantor Gubernur Aceh

Update info terbaru yang diterima Portalnusa.com, jumlah pengungsi Rohingya yang mendarat di Lamreh, Krueng Raya, Minggu pagi, 10 Desember 2023 sebanyak 137 orang. Sedangkan laporan sebelumnya menyebut 135 orang dengan rincian laki-laki dewasa 35 orang, perempuan dewasa 65 orang, anak laki-laki 15 orang, dan anak perempuan 20 orang. []