Selama 2023 Delapan Kapal Pesiar Berlabuh di Sabang

Kapal pesiar MS Seabourn Encore berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Selasa, 19 Desember 2023. (Foto Imran/Portalnusa.com)

Laporan Imran, Sabang

PORTALNUSA.com | SABANG – Sepanjang tahun 2023—hingga posisi 19 Desember—sebanyak delapan kapal pesiar berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.



MS Seabourn Encore merupakan kapal pesiar ke-8 yang singgah di Sabang. Kedatangan perdana kapal yang memiliki panjang 179, 76 meter dengan bobot 41,865 GT, dan lebar 28 meter ini disambut tarian tradisional Aceh.

Wisatawan mancanegara yang singgah di Sabang dengan kapal pesiar MS Seabourn Encore, Selasa, 19 Desember 2023 menyerbu aneka souvenir produksi UMKM Sabang. (Foto Imran/Portalnusa.com)

Para wisatawan mancanegara yang turun dari Seabourn Encore juga ‘menyerbu’ aneka oleh-oleh unik yang diproduk pelaku UMKM Sabang. Wisatawan memanfaatkan alat transportasi berupa kendaraan roda empat, roda dua dan becak motor untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dengan panorama pemandangan alam/spot Kota Sabang sebagai kota bersejarah dalam berbagai perdagangan dunia pada masa itu.

Kedatangan Seabourn Encore menjadi pusat perhatian masyarakat Sabang dan wisatawan yang sedang liburan sekolah dan Nataru 2024.

MS Seabourn Encore berlabuh di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang setelah berlayar dari Cochin-India. Kapal yang membawa 394 turis dan 435 kru ini bersandar pukul 07.00 WIB dan lambuh tambat sampai pukul 16.00 WIB.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan (UMP) BPKS Sabang, Zulkarnain didampingi Kasubbag TU dan Adm UMP mengatakan, sebelum ditutup oleh Seabourn Encore, tujuh kapal pesiar lainnya yang singgah di Sabang sepanjang 2023 yaitu MS. Coral Geographer, MS. Amera, MS. Insignia, MS. Nautica, MS. Crystal Symphony, MS. Azamara Journey, dan MS. Vasco Da Gama.[]