Hujan Dua Hari, Aceh Utara dan Lhokseumawe Banjir, Tanggul Krueng Peutoe Jebol

Warga mengarahkan pengendara ke jalur alternatif untuk menghindari banjir di beberapa titik dalam wilayah Kota Lhokseumawe, seperti di Jalan Listrik Pasar Impres yang tidak bisa dilalui kendaraan, Senin siang, 25 Desember 2023. (Foto T Moundary/Portalnusa.com)

Laporan Teuku Moundary, Lhokseumawe

PORTALNUSA.com | LHOKSEUMAWE – Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe sejak dua hari terakhir menyebabkan banjir di kedua daerah tersebut. Masyarakat siaga karena kondisi cuaca masih buruk.

Informasi yang diterima Portalnusa.com dari Humas RAPI Aceh Utara, Putra/JZ01AGC menyebutkan, dampak hujan deras sejak dua hari terakhir menyebabkan banjir di beberapa kecamatan di Aceh Utara.

Data sementara sejumlah desa di Kecamatan Lhoksukon, Matang kuli,Tanah Luas, Dewantara arah barat (termasuk Jalan Line), Nisam, dan Paya Bakong. Bahkan laporan terbaru menyebutkan kawasan Langkahan juga mulai terendam.

“Kawasan-kawasan tersebut merupakan langgana banjir setiap tahun,” lapor Putra.

Kejadian banjir kali ini selain hujan lebat juga akibat jebol tanggul Krueng Peutou di Kecamatan Lhoksukon, tepatnya di Desa Kumbang Lt Km 7.

Banjir Aceh Utara menggenangi permukiman dan fasilitas umum lainnya seperti badan jalan, sekolah, dan dayah. Masyarakat tetap siaga karena hujan masih mengguyur wilayah Aceh Utara.

Lhokseumawe

 

Rekaman banjir di wilayah Kota Lhokseumawe, Senin, 25 Desember 2023.(Foto Teuku Moundary/Portalnusa.com)

Banjir akibat hujan deras juga mengepung Kota Lhokseumawe. Jalan Nasional Banda Aceh-Medan di beberapa titik terendam menyebabkan terganggunya arus lalu lintas.

Kontributor Portalnusa.com di Lhokseumawe, Teuku Moundary melaporkan, selain jalan nasional, sejumlah jalan protokol di Kecamatan Banda Sakti juga terendam rata-rata selutut orang dewasa.

Di pusat Kota Lhokseumawe, banjir merendam antara lain Jalan Darussalam, Jalan Samudera Lama, Jalan Listrik, Jalan Tgk Wahab Dahlawi, dan beberapa ruas lainnya.

Di Jalan Listrik, tepatnya area Pasar Inpres, jalanan tak bisa dilalui kendaraan. Kondisi seperti itu terpantau hingga Senin siang, 25 Desember 2023.[]