Pemilu 2024, Saatnya Rakyat Merdeka Memilih

Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH. (Dokumen pribadi for Portalnusa.com)

Laporan Saiful Alam, Banda Aceh

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pesta demokrasi bernama pemilihan umum (pemilu) semakin dekat. Yang namanya pesta adalah momentum untuk bersenang-senang. Tak ada ketakutan akibat intervensi, teror, dan kejahatan sejenisnya terhadap pemilih maupun penyelenggara pesta.

Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Agusni AH mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Aceh agar dapat berperan aktif pada Pemilu 14 Februari 2024 untuk menentukan Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Aceh dan DPR Kabupaten/Kota.

Pemilu, kata Agusni, untuk menciptakan sistem pemerintahan berdasarkan kehendak rakyat, menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan sosok-sosok yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat.

“Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas demokrasi suatu negara. Karenanya partisipasi aktif menjadi suatu keniscayaan sebagai perwujudan hak segenap rakyat dalam menentukan nasibnya. Artinya, rakyat harus benar-benar merdeka untuk menentukan pilihan,” tandas Agusni.

“Ingat…! Rabu, 14 Februari 2024 Pemilu Indonesia. Masyarakat Aceh yang menjadi bagian dari Indonesia harus menentukan pilihannya, baik Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Aceh maupun DPR Kabupaten/Kota,” imbau Agusni.

Agusni juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tidak golput pada hari pemilihan. Ingat hadih maja Aceh, “Teulah sithon ureung meugo, teulah siuro ureueng meurusa, bek salah pileh peumimpin tanyo, geutanyoe rugo nanggroe ceulaka.” []