Panen Cabai di Kuta Cot Glie, Ini Pesan Pj Bupati Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani panen cabai merah di Gampong Leupung Bruek, Kecamatan Kuta Cot Glie, Jumat, 12 Januari 2024.(Foto Prokopim Setdakab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Pj Ketua TP PKK Cut Rezky Handayani SIP MM didampingi Kadis Pertanian Jakfar, SP MSi panen raya cabai dan singkong bersama kelompok tani di Gampong Leupung Bruek, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Jumat, 12 Januari 2024.

Muhammad Iswanto mengatakan, salah satu komoditas unggulan nasional hortikultura adalah cabai. Karena cabai merupakan komoditas agribisnis yang besar pengaruhnya terhadap dinamika perekonomian nasional.



“Saya minta kepada petani cabai khususnya, untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam budidaya cabai, mengingat wilayah kita yang punya potensi besar budidaya cabai,” katanya.

“Panen cabai yang dilakukan ini dalam upaya menjaga inflasi,” lanjutnya.

Muhammad Iswanto juga mengapresiasi langkah petani yang memanfaatkan lahan tidur untuk menanam singkong. Karena, ketika isu ketahanan pangan menggema di tengah krisis global, dibutuhkan bahan pangan alternatif yaitu singkong.

“Singkong dinilai kaya karbohidrat dan mudah dibudidayakan. Bahkan bisa diolah menjadi berbagai makanan,” paparnya.

Ramli, seorang petani di Gampong Meunasah Leupung Bruek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar yang telah memberikan bantuan berupa alat pertanian (penyemprot) dan bibit kepada kelompok tani.

“Ini bantuan yang sangat bermanfaat bagi petani. Saya berharap,  bantuan yang diberikan dapat dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini di lahan seluas 3.000 meter baru 21 kali panen. Masih ada sekitar lima atau 10 kali panen lagi.

“Hasil dalam sekali panen kurang lebih 200 kg dan dalam 1 kg diambil oleh agen Rp 14 ribu untuk saat ini,” jelasnya.

Ia berharap kepada Pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih serius kepada petani. Karena kebanyakan masyarakat di Kecamatan Kuta Cot Glie hidup di sektor pertanian.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar menyerahkan sejumlah bantuan alat pertanian dan bibit kepada kelompok tani di Gampong Meunasah Leupung Bruek.[]