Kadis PUPR Aceh Barat: Jalan Seumantok Dibangun Permanen Tahun Ini

Dr. Kudri, Kadis PUPR Aceh Barat. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Jalan utama kecamatan di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat yang beberapa kali rusak akibat banjir akan dibangun permanen tahun ini.

“Saat ini sudah lancar setelah melalui serangkaian perbaikan sementara,” kata Kadis PUPR Aceh Barat, Dr Kurdi kepada Portalnusa.com, di Meulaboh, Senin, 15 Januari 2024.

Saat ini, kata Kurdi pihaknya sedang fokus pada normalisasi sungai di Desa Seumantok. Normalisasi dilakukan dengan membangun tanggul setinggi 2 meter dan lebar 6 meter sepanjang 300 meter hingga 800 meter di bawah hulu bendungan irigasi.

Menurutnya, jika normalisasi sungai tersebut sudah dianggap efektif mengurangi banjir secara keseluruhan, maka Dinas PUPR akan mulai menangani jalan Seumantok secara permanen tahun ini.

Untuk pembangunan jalan, Dinas PUPR sudah mengalokasikan anggaran Rp 700 juta pada APBK 2024.

Dijelaskannya, jalan Seumantok mengalami kerusakan (putus) sekitar 50 meter. Nantinya akan dibuatkan drainase terlebih dahulu dilanjutkan pengaspalan.

“Saat ini sedang proses perencanaan untuk melihat design terbaik berdasarkan kondisi alam terkini,” demikian Kadis PUPR Aceh Barat. []