Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu di Aceh Tamiang Libatkan 480 Orang

Petugas yang terlibat dalam proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 berkumpul di GOR Aceh Tamiang mendengarkan arahan bupati, kapolres, dan Ketua KIP sebelum melaksanakan tugas, Selasa, 16 Januari 2024. Sebanyak 480 orang dilibatkan oleh KIP Aceh Tamiang dalam pekerjaan tersebut. (Foto Saiful Alam/Portalnusa.com)

Laporan Saiful Alam, Aceh Tamiang

PORTALNUSA.com | ACEH TAMIANG – Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti meminta personel yang ikut dalam kegiatan sortir dan lipat (sorlip) Surat Surat Pemilu Serentak 2024 agar meneliti setiap lembarnya dan segera lapor jika ada yang rusak.

Proses sorlip surat suara Pemilu Serentak 2024 di Aceh Tamiang dibuka oleh Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra di GOR Kampung Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru, Selasa sore, 16 Januari 2024.

Pj. Bupati Aceh Tamiang mengatakan, kelangsungan pembangunan bangsa dan negara lima tahun ke depan sangat ditentukan dengan suksesnya pemilu.

“Mari bersama-sama kita sukseskan pemilu serentak 2024 ini, kita tidak mau kabupaten kita ini dianggap tidak siap dalam Pemili 2024, oleh karena itu semua elemen masyarakat harus serius menyukseskannya,” kata Asra.

Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti mengingatkan jika dalam proses sorlip surat suara ditemukan kerusakan seperti sobek, buram, adanya noda dan sebagainya mohon segera dilapor kepada petugas yang mengawasi.

Rita juga menegaskan agar dapat memastikan posisi surat suara sesuai petunjuk dari pihak KIP, jangan ada yg keliru seperti terbalik, jika ada hal yg tidak jelas harus ditanyakan.

“Harus dengan tertib dan fokus, jangan sampai ada yang merusak surat suara. Kalau ada dari petugas yang menjadi caleg atau pengurus partai, tidak boleh terlibat melipat surat suara,” tandasnya.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis, SIK menerangkan, surat suara yang dilipat adalah dokumen negara yang harus benar-benar cermat dalam perlakuannya.

“Diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.,” harapnya.

Tim Sorlip

Sekretaris KIP Aceh Tamiang, Achmad Yuhardha menjelaskan Tim Sorlip melibatkan warga lokal terdiri 48 kelompok kerja. Dijadwalkan bertugas hingga 20 Januari 2024.

“Semua ada 48 kelompok dan setiap kelompok 10 orang,”  kata Achmad Yuhardha.

Yuhardha menjelaskan surat suara yang di terima sebanyak 208.434 surat suara sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2 persen dari jumlah DPT sebanyak 4.624 sehingga jumlah surat suara menjadi 213.058.

Adapun rincian jumlah surat suara yang diterima terdiri masing-masing Surat Suara Presiden/Wakil Presiden 213.058, Surat Suara DPR RI 213.058, Surat Suara DPD 213.058, Surat Suara DPRA 213.058, dan Surat Suara DPRK 213.058.

“Total jumlah surat suara Pemilu Serentak 2024 di Aceh Tamiang sebanyak 1.065.290 surat suara”, demikian Achmad Yuhardha.[]