Pertahankan Sumber Air Bersih, Perumda Tirta Tamiang Benahi Waduk

Laporan Saiful Alam, Aceh Tamiang

PORTALNUSA.com | ACEH TAMIANG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Tamiang memperkokoh tanggul dan waduk darurat di DAS Kampung Kesehatan sebagai Wilayah Kantor Pengolahan Unit Karang  Baru.



Sebanyak lima alat berat dikerahkan ke lokasi waduk, Minggu, 21 Januari 2024.

“Kita terus berbenah guna memenuhi prinsip kualitas, kuantitas, dan kontinuitas (K3) kepada pelanggan,” kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Tamiang, Ismail, SE.

Seperti diketahui, akhir 2023 lalu, Aceh Tamiang dilanda banjir yang sangat berdampak pada Perumda Air Minum Tirta Tamiang untuk menyahuti kebutuhan air bersih masyarakat.

“Hari ini kita kerah lima unit excavator untuk membuang lumpur dalam waduk darurat serta memperkokoh tanggul waduk,” jelas Ismail.

Menurutnya, upaya ini guna memastikan kecukupan air bersih masyarakat terutama para pelanggan Perumda Air Minum Tirta Tamiang.

Menurut Ismail, pekerjaan yang dilakukan termasuk membuat penahan waduk dengan penanaman ban bekas truk.

Ia berharap dengan upaya-upaya yang dilakukan ini bisa memenuhi prinsip kualitas, kuantitas, dan kontinuitas (K3) kepada pelanggan di lingkungan Kantor Pengolahan Perumda Air Minum Tirta Tamiang Unit Karang Baru yang mengaliri air bersih untuk 12.000 lebih pelanggan.

Ismail kembali menyampaikan bahwa kondisi ini selalu dialami sebelum memiliki kanal intake serta waduk permanen.

“Dengan pembenahan waduk secara darurat diharapkan dapat memudahkan distribusi air ke pelanggan terutama pada bulan suci Ramadhan mendatang,” demikian Ismail.[]