Pj Bupati Aceh Besar Salurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk 1.039 Warga Peukan Bada

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan bantuan cadangan beras tahap I untuk warga Kecamatan Peukan Bada di Kantor PT Pos Cabang Pembantu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Rabu, 31 Januari 2024. (Foto Prokopim Setdakab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP, MM me-launching penyaluran bantuan pangan cadangan beras Pemerintah tahap I tahun 2024 sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 1.039 warga Peukan Bada, Rabu, 31 Januari 2024.

Acara itu berlangsung di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.



Dalam sambutannya, Muhammad Iswanto menjelaskan penyaluran bantuan pangan pemerintah tahap I tahun 2024, sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu khususnya di Kabupaten Aceh Besar.

“Kita bersyukur karena bantuan ini bisa meringankan masyarakat yang sedang menghadapi inflasi. Jadi bantuan ini juga untuk menekan angka inflasi,” kata Iswanto.

Muhammad Iswanto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas semua programnya yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti penyaluran beras, pasar murah, penyaluran bantuan ikan segar dan penyaluran elpiji tepat sasaran.

Ia menyebutkan, untuk penyaluran tahap pertama Kabupaten Aceh Besar mendapatkan 40.169 keluarga penerima manfaat (KPM). Khusus Kecamatan Peukan Bada disalurkan untuk 26 gampong dengan jumlah KPM 1.039.

Muhammad Iswanto mengungkapkan, sebelum penyaluran bantuan pangan cadangan beras sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pangan Aceh Besar agar menvalidkan data penerima. Sehingga penyalurannya bisa cepat dilakukan dan tepat sasaran.

Sementar itu, Pimpinan PT Pos Indonesia Cabang Pembantu Peukan Bada Nurzamaluddin mengatakan, PT Pos Indonesia menjadi salah satu yang menerima penugasan dari pemerintah menyalurkan bantuan pangan berupa beras 10 kilogram. “Di tahun 2024 kami diberikan tugas untuk menyalurkan bantuan beras kepada 530.914 KPM diseluruh Aceh, untuk Kabupaten Aceh Besar berjumlah 40.169 KPM dan khusus Kecamatan Peukan Bada 1.039 KPM,” kata Nurzamaluddin.

Pimpinan Bulog Wilayah Aceh, Saldin Apryn menyampaikan, terkait stok beras saat ini Bulog memiliki 18.600 ton dan stok tersebut untuk disalurkan sampai tiga bulan ke depan.

“Beras yang berikan kepada masyarakat merupakan beras premium dan Insya Allah para penerima mendapatkan beras yang kualitasnya bagus,” ujarnya.[]