Di Lahan Lanud SIM, Pj Bupati Aceh Besar Bersama Forkopimda Panen Raya Padi

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Danlanud SIM Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono berjalan di pematang sawah seusai panen raya padi di area persawahan Lanud SIM, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa, 13 Februari 2024. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (Danlanud SIM) Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono S.Sos dan unsur Forkopimda Aceh Besar panen raya padi sawah musim tanam rendengan tahun 2024 di lahan pertanian Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa, 13 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan, petani harus memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk memaksimal potensi sumber daya alam serta hasil pertanian di Kabupaten Aceh Besar.

“Tentunya, bisa menopang hasil panen untuk Provinsi Aceh khsususnya Kabupaten Aceh Besar dan ini menjadi bukti bahwa seluruh jajaran yang dibantu oleh seluruh Forkopimda, sehingga kita bisa berbuat dan pada hari ini kita bisa menunjukkan hasilnya,” kata Iswanto.

Untuk diketahui, dari seluruh jajaran baik dari Pemerintah Pusat dan Daerah sudah melaksanakan panen raya perdana di Kabupaten Aceh Besar.

“Ini menjadi bukti konkrit yang bisa kita saksikan selama ini, bahwa hasil panen khususnya padi sangat mengembirakan,” tutur Iswanto.

Muhammad Iswanto berharap kepada seluruh petani untuk terus bersyukur, meskipun hanya mampu menguatkan diri dengan swadaya pangan. Tetapi Pemerintah Pusat melalui Presiden selalu memberikan perhatian dan bantuan kepada petani di Aceh Besar.

“Kemarin kita di Aceh Besar baru saja diberikan bantuan untuk 40 ribu kelompok penerima manfaat, tahun lalu lebih kurang 36 ribu. Alhamdulillah, tahun ini meningkat menjadi 40 ribu, ini wajib kita syukuri, karena Pemerintah Pusat tidak menutup mata untuk membantu petani di Aceh Besar,” sebut Muhammad Iswanto.

Mengenai pupuk bersubsidi, menurut Iswanto, apabila petani memiliki kendala di lapangan agar disampaikan kepada penyuluh.

“Karena kita pelan-pelan mengikuti metode yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat, sehingga nanti berdampak meningkatkan kembali pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Danlanud SIM, Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono mengatakan dengan berdaulat pangan berarti masyarakat berhak menentukan kebijakan pangan secara mandiri dan menjamin atas pangan bagi masyarakat.

“Karena ini sudah memberikan hak terhadap masyarakat untuk menentukan sistem pertanian pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal,” kata Kolonel Yoyon.

Ia juga mengajak agar memberikan dukung penuh kepada petani untuk terus berjuang dan berkarya dalam menciptakan kemandirian pangan.

“Kita juga dapat mendukung dengan membeli produk petani lokal untuk mendorong meningkatkan perekonomian petani,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Yoyon Kuscahyono mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto berserta jajaran atas bantuan dan dukungan, sehingga petani binaan Lanud SIM berhasil menjalankan usaha pertanian.

Hadir pada kegiatan panen raya tersebut Wakapolresta Banda Aceh, Wakapolres Aceh Besar, Pabung Kodim 0101/ KBA, perwakilan Kajari Aceh Besar, Asisiten II Sekdakab Aceh Besar, Anggota DPRK, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.20/D.I Lanud SIM, PJU Lanud SIM, Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kadis PUPR, Plt Kadis Kominfo, Kadisparpora, Kalaksa BPBD Aceh Besar, jajaran penyuluh pertanian dan masyarakat setempat.[]