Krue Seumangat, Keuchik Sabur Raih Suara Terbanyak di Pileg Aceh Besar

Naisabur yang lebih dikenal dengan panggilan Keuchik Sabur (kiri) dalam satu momen foto bersama dengan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin menjelang kompetisi Pileg 2024. (Dok PWI Aceh/Meylida Abdani)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 dari 23 kecamatan di wilayah itu.

Hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum DPRK Aceh Besar, DPR Aceh, DPR RI, DPD RI dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 tingkat Kabupaten Aceh Besar dibacakan oleh Ketua KIP Aceh Besar, T Khairun Salim di Aula SKB, Kota Jantho, Senin malam, 4 Maret 2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, caleg dari Partai Aceh (PA) atas nama Naisabur yang lebih dikenal dengan panggilan Keuchik Sabur tercatat sebagai peraih suara terbanyak disbanding caleg lainnya.

Keuchik Sabur dari daerah pemilihan (Dapil) 1 Aceh Besar, yaitu Kecamatan Lembah Seulawah, Seulimuem, Jantho, dan Kuta Cot Glie meraih 3.806 suara atau terpaut 121 suara dari Ridha Hidayatullah, caleg PA di dapil yang sama meraup 3.685.

Selain Naisabur dan Ridha HIdayatullah, sejumlah caleg lain juga mendapatkan suara mayoritas di dapil masing-masing, seperti Abdul Muchti (PAN) 3.498 suara, Zulfikar, SH (Nasdem) 3.229 suara. Sedangkan Jailani dari Nasdem merupakan caleg terendah mendulang suara yaitu 792 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi itu, PAN menjadi pemenang di Aceh Besar dengan menempatkan delapan wakilnya ke DPRK Aceh Besar. Dapat dipastikan, PAN akan kembali mempertahankan kursi Ketua DPRK Aceh Besar untuk periode 2024-2029. Sementara jatah kursi wakil ketua akan diduduki Partai Aceh dan Partai Kebangkitan Bangsa.[]