Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah, Ini Harga yang Dijual ke Masyarakat

Masyarakat membawa pulang bahan pangan yang dibeli dari lokasi Bazar Pangan Murah di halaman Masjid Besar Baitul Kiram, Peukan Biluy, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar, Senin, 1 April 2024.(Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pemkab Aceh Besar menggelar Bazar Pangan Murah sebagai bagian pelaksanaan secara serentak di tingkat nasional, diikuti 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Kegiatan itu dirangkai degan zoom meeting seluruh Indonesia, yang untuk Aceh Besar dipusatkan di halaman Masjid Besar Baitul Kiram, Peukan Biluy, Senin siang, 1 April 2024.

Panitia Bazar Pangan Murah di Aceh Besar menyediakan 360 paket, yang dimanfaatkan oleh masyarakat Biluy dan sekitarnya secara antusias.

”Alhamdulillah, kita kembali berhasil menyelenggarakan kegiatan yang benar-benar ditunggu oleh masyarakat. Selain itu juga bagian dari upaya menekan laju inflasi dan mewujudkan ketahanan pangan di Aceh Besar,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM menjaw2ab awak media.

Iswanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapanas, Kementan dan Kemendag yang telah memberikan kesempatan bagi Aceh Besar untuk menjadi bagian dari kegiatan bazar pangan murah secara nasional itu.

Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, mewakili Pj Bupati Aceh Besar mengikuti meeting zoom meeting gerakan pangan serentak nasional yang digelar oleh Badan Pangan Nasional tersebut.

“Alhamdulilah, sampai saat ini ketersedian pangan dan harga pangan seperti beras, gula, minyak, telur di Aceh Besar masih terhitung stabil dan terkendali,” kata Sulaimi.

Sementara itu Kadis Pangan Aceh Besar, Aliyadi mengatakan, dalam upaya mengantisipasi kenaikan harga pangan, Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan Bulog Aceh melaksanakan Bazar Pangan Murah di beberapa titik, di antaranya di halaman Kantor Camat Blang Bintang, 26 Maret 2024, di Masjid Gampong Ateuk Lam Ura, Kecamatan Simpang Tiga 27 Maret 2024, dan di halaman Kantor Camat Kuta Malaka 28 Maret 2024.

“Setelah hari ini di Darul Kamal ini, besok 2 April akan dilaksanakan di halaman Masjid Ladong dan 3 April di halaman Kantor Kejari Aceh Besar Kota Jantho, serta 4 April 2024 di halaman Masjid Baiturrahim Gamping Keuneu-eun, Kecamatan Peukan Bada,” kata Aliyadi.

Aliyadi berharap, kegiatan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat di tengah terjadinya inflasi harga pangan serta membantu masyarakat dalam mempersiapkan diri menjelang Idul Fitri 1445 H.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Aceh Besar juga mengunjungi stan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menjual Beras SPHP kemasan 5 kg dengan harga Rp 47 ribu, minyak goreng kemasan 2 liter Rp 34 ribu, 2 kg gula pasir Rp 26 ribu, telur ayam satu papan Rp 45 ribu, cabai merah Rp 16 ribu per 1/2kg, bawang merah Rp 15 ribu per 1/2 kg.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional H Arief Prasetyo Adi ST MT menyampaikan, gerakan pangan murah tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah dan akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia, hingga 9 April 2024 mendatang. Menurutnya, Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan ini perlu dukungan semua stakeholder.

“Bapanas, BUMN pangan, asosisi dan seluruh provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia harus berkolaborasi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok cukup dan harga pangan terjangkau,” harapnya.[]