Pj Bupati Aceh Barat Diresmikan Jadi Anggota RAPI, Callsign JZ01CKU

Ketua Dewan Penasehat RAPI Aceh, Nasir Nurdin/JZ01BNN didampingi Ketua RAPI Aceh Barat, Musparuddin/JZ01EBR (kanan) bersalaman dengan Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi sesaat setelah Mahdi diresmikan sebagai anggota RAPI dengan callsign JZ01CUK disaksikan Ketua Dewan Penasehat RAPI Aceh Barat, Qurlajmi Hasani/JZ01EK dan Ketua RAPI Nagan Raya, Agus Salim RZ/JZ01AGE (paling kiri). Acara ini berlangsung pada rangkaian buka puasa bersama dan santunan anak yatim oleh RAPI Aceh Barat di Gedung PKK Aceh Barat di Suak Indrapuri, Meulaboh, Kamis, 4 April 2024/24 Ramadhan 1445 H. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi diresmikan menjadi anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan callsign (10-28) KZ01CKU.

Peresmian sebagai anggota RAPI ditandai pemakaian topi berlogo RAPI atas nama Mahdi/JZ01CKU oleh Ketua DP2OD RAPI Aceh, Nasir Nurdin/JZ01BNN.

Berikutnya Kartu Tanda Anggota (KTA) RAPI diserahkan oleh Ketua RAPI Aceh Barat, Musparuddin/JZ01EBR dan penyerahan papan callsign oleh Ketua DP2OW RAPI Aceh Barat, Qurlajmi Hasani/JZ01EK.

Prosesi peresmian Pj Bupati Aceh Barat sebagai anggota RAPI berlangsung pada rangkaian acara buka puasa bersama dan santunan yatim oleh RAPI Aceh Barat di Gedung PKK Aceh Barat di Suak Indrapuri, Meulaboh, Kamis, 4 April 2024/24 Ramadhan 1445 H.

Ketua RAPI Aceh Barat, Musparuddin melaporkan, selama ini Pemkab Aceh Barat di bawah kepemimpinan Pj Bupati Mahdi telah banyak membantu organisasi RAPI sehingga berbagai program yang dilaksanakan–termasuk program sosial dan kemanusiaan–berjalan baik.

“Insya Allah, Pengurus bersama anggota dan jajarannya hingga ke kecamatan siap untuk mewarnai berbagai kegiatan Pemkab Aceh Barat,” kata Musparuddin.

Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi didampingi Sekda Marhaban dan sejumlah pejabat di jajarannya mengapresiasi kiprah relawan RAPI selama ini yang dinilainya telah banyak mewarnai kegiatan Pemkab Aceh Barat, baik pada saat normal maupun darurat bencana.

“Meskipun baru sekarang saya memegang KTA RAPI, tetapi saya sudah akrab dengan radio komunikasi sejak puluhan tahun lalu ketika pemerintah masih mengandalkan sistem pelaporan melalui SSB,” ujar Mahdi yang sudah malang melintang dalam kariernya sebagai PNS dan sekarang ditugaskan sebagai Pj Bupati Aceh Barat.

Di hadapan Pengurus dan anggota RAPI Aceh Barat, termasuk Ketua DP2OD RAPI Aceh dan Ketua RAPI Nagan Raya serta Ketua RAPI Aceh Jaya selaku undangan, Mahdi berharap relawan RAPI khususnya di Aceh Barat tetap konsisten melaksanakan tupoksinya di tengah masyarakat.

“Keberadaan RAPI sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan masyarakat. Saya mengharapkan agar RAPI Aceh Barat dapat terus konsisten dalam membangun organisasi dan memberikan kontribusi positif,” kata Pj Bupati Aceh Barat.

Mahdi juga berupaya agar pada tahun 2025 ada peluang membantu program RAPI masuk ke APBK.

“Kita sesuaikan ke OPD mana program RAPI bisa kita cantolkan. Ini bagian dari upaya pemerintah meningkatkan peran dan kapasitas RAPI,” katanya.

Lebih lanjut Mahdi mengapresiasi program RAPI Aceh Barat menyelenggarakan acara buka puasa bersama dan penyantunan anak yatim, yang merupakan bentuk nyata dari kepedulian sosial dan kebersamaan dalam komunitas.

Sementara itu menurut laporan Wakil Ketua RAPI Aceh Barat, Irsadi Aristora/JZ01EYI, jumlah anak yatim yang disantuni sebanyak 21 orang dengan sumber dana dari anggota dan dermawan lainnya termasuk dari Pj Bupati Aceh Barat sebesar Rp 3 juta.

“Terima kasih untuk semua bantuan yang diberikan sehingga acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim tahun ini terlaksana sebagaimana diharapkan,” kata Irsadi.[]