TrukTanki PDAM Tirta Mountala Salurkan 69Ton Air Bersih untuk Warga Lhoknga

Truk tanki PDAM Tirta Mountala, Aceh Besar memasok air untuk warga Kecamatan Lhoknga setelah kawasan itu krisis air karena dilanda kemarau. (Dok PDAM Tirta Mountala)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Selama dua hari, Sabtu-Minggu, 12 Mei 2024 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala, Aceh Besar menyalurkan sedikitnya 69 ton air bersih untuk beberapa titik di Kecamatan Lhoknga.

Kebijakan menyalurkan air bersih dengan truk tanki tersebut untuk mengatasi krisis air masyarakat setempat akibat kemarau panjang menyebabkan air sumur kering.

Dirut PDAM Tirta Daroy, Ir Sulaiman MSi mengatakan, penyaluran air bersih itu menindaklanjuti arahan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, untuk membantu air bersih warga Kecamatan Lhoknga yang mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau.

Selama dua hari penyuplaian itu PDAM Tirta Montala langsung mengerahkan 15 unit armada dengan kapasitas 69 ton air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Lhoknga.

“Bantuan ini diberikan sebagai upaya untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih di wilayah yang mengalami krisis air,” kata Sulaiman, Minggu, 12 Mei 2024.

Sulaiman merincikan, pada 11 Mei 2024 sasarannya untuk Gampong Lampaya sebanyak 5 ton, Tanjong 4 ton, Lam Cok 5 ton, Lam Gaboh 5 ton dan Lam Kruet 4 ton. Jumlah armada yang dikerahkan sebanyak lima unit dengan volume air bersih 23 ton.

Selanjutnya, Minggu 12 Mei 2024 diketarahkan 10 unit armada atau berkisar sekitar 46 ton untuk Gampong Meunasah Baro 2 ton, Meunasah Manyang 4 ton, Lambaro Seubun 4 ton, Tanjong 15 ton, Pesantren Tanjong 4 ton, Lamcok 8 ton, Pesantren Naga Umbang 5 ton, dan Lampaya 4 ton.

Sulaiman menjelaskan, penyebab krisis air bersih di Kecamatan Lhoknga karena debit air tidak mencukupi lagi untuk disalurkan ke wilayah tersebut.

“Debit air yang ada di SPAM Mata Ie Darul Imarah tidak mencukupi lagi untuk dialirkan ke wilayah Lhoknga, sekarang kapasitas air di Mata Ie hanya 160 liter/detik,” jelas Sulaiman.[]