Tunggu 34 Tahun untuk Berhaji, Wapres Minta Kemenag Tambah Kuota Aceh

Wapres RI, Ma’ruf Amin didampingi Penjabat Gubernur Aceh, Bustami memberikan pengarahan kepada petugas dan jamaah calon haji Kloter I Aceh menjelang lepas landas dari Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar, Rabu sore, 29 Mei 2024. (Foto Humas Pemkab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin melepas keberangkatan jamaah calon haji (JCH) Aceh Kloter I di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Rabu sore, 29 Mei 2024.

Wapres RI tiba di Aceh via Bandara SIM pada pukul 16.59 WIB. Sejenak usai mendarat, Wapres melepas langsung para jamaah haji Aceh di landasan penerbangan saat akan memasuki pesawat (boarding). Kloter I jamaah haji Aceh itu berjumlah 393 orang.

Wapres didampingi Pj Gubernur Aceh Bustami, Kapolda Aceh Achmad Kartiko, Pangdam Iskandar Muda Niko Fahrizal, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan sejumlah unsur Forkopimda Aceh lainnya.

Baca: JCH Kloter 1 Aceh Dilepas Pj Gubernur: “Selamat Jalan Tamu Allah”

Wapres menyapa langsung para jamaah di dalam pesawat. Ia mengatakan, para jamaah haji Aceh tampak sehat dan bahagia.

“Sore ini saya mengantar keberangkatan jamaah haji Aceh, jamaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatannya sampai 34 tahun,” kata Ma’ruf Amin.

Oleh sebab itu, Ma’ruf meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk menambah kuota keberangkatan haji untuk Aceh supaya masa antreannya tidak terlalu lama.

“Sebagian jamaahnya sudah tua, ada ibu-ibu umurnya 82 tahun, tapi sehat dan mereka gembira,” kata Ma’ruf Amin.

Wapres mengatakan, petugas yang akan mendampingi sudah disiapkan untuk bisa membimbing jamaah haji, terutama mereka yang sudah lanjut usia.

“Selain itu, saya juga minta jamaah untuk mewaspadai cuaca panas di Tanah Suci yang sampai 43 derajat, mereka kita minta selalu membawa air, dan tidak terlalu memaksa diri dalam beribadah supaya pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal,” imbau Ma’ruf.

“Saya ingatkan supaya menjalankan ibadah dengan baik, dekatkan diri pada Allah,” pungkas Ma’ruf Amin. []