Jamaah Calon Haji Asal Pidie Wafat Menjelang Masuk Asrama

Ketua PPIH Aceh, Azhari serahkan perlengkapan Kloter 4 saat pelepasan di Asrama Haji Aceh, Sabtu, 1 Juni 2024. (Dok Kemenag)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Seorang jamaah calon haji asal Jurong Taqwa, Meunasah Krueng, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie bernama Hamamah Tahir binti Tahir Abdussalam (89) meninggal dunia di RSUZA Banda Aceh menjelang masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh. Innalillah wa inna ilaihi rajiun.

Almarhumah tercatat beralamat di Meunasah Krueng, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie. Karena ibundanya meninggal, maka Hamidah, anak dari Almarhumah Hamamah memilih menunda berangkat.

“Total jamaah Kloter 4 yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 392 orang. Seorang di antaranya meninggal dunia sebelum masuk asrama,” kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh, Azhari, Sabtu 1 Juni 2024.

Azhari menjelaskan, ada dua orang yang tidak jadi berangkat dari kloter 4. Untuk menggantikan Hamamah yang meninggal, ada satu orang dari kloter 8 yang dimutasi ke kloter 4 sehingga totalnya 392 orang.

Sementara jumlah jamaah risiko lansia dalam kloter 4 sebanyak 116 orang dan lansia risiko tinggi 23 orang.

Para jamaah akan take off menuju Bandara Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu malam pukul 21.20 WIB.

“Setiba di sana mereka akan menempati pemondokan di Hotel Loulouat Al Mashaer di Maktab 10, wilayah Misfalah,” jelas Azhari.

Azhari menyebutkan, jamaah termuda dalam kloter 4 adalah Muhammad Al Faizin (19) dan jamaah tertua, Sabi M (93). Jumlah jamaah laki-laki dalam kloter 4 148 orang, dan perempuan 244 orang.

“Jumlah jamaah yang sudah tiba di Arab Saudi 1.179 orang termasuk petugas kloter yaitu laki-laki 450 orang dan perempuan 729 orang,” kata Azhari yang juga Kakanwil Kemenag Aceh.[]