Semua Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Melarikan Diri

Petugas Satpol PP sedang membersihkan barang yang ditinggalkan oleh pengungsi Rohingya di kamp penampungan di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat.(Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Semua pengungsi Rohingya yang tersisa yang ditampung di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat melarikan diri, Sabtu dini hari, 1 Juni 2024.

“Benar, sebanyak 27 pengungsi Rohingya yang tersisa telah melarikan diri dari kamp penampungan,” kata Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban (Kabid Trantrib) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Aceh Barat, Arsil kepada wartawan.



Dijelaskan, ke-27 pengungsi Rohingya diketahui oleh petugas Satpol PP telah melarikan diri sekira pukul 06.30 WIB saat melakukan pengecekan ke kamp ternyata dalam kondisi kosong.

“Kondisi semalam hujan deras, dan petugas yang berjaga tertidur, sehingga baru mengetahui saat melakukan pengecekan ke kamp pengungsian pada pagi hari,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Jumat dini hari, 30 Mei 2024, sebanyak 16 pengungsi Rohingya telah lebih dahulu melarikan diri.

Sementara itu, Koodinator UNHCR Aceh, Faisal Rahman, mengaku sudah mendapatkan laporan bahwa seluruh pengungsi Rohingya yang ditampung di kompleks Kantor Bupati Aceh Barat melarikan diri.

“Kita menduga kemungkinan seluruhnya melarikan diri ke Medan, Sumatra Utara dengan tujuan Malaysia,” ujarnya.

Disebutkan, ke-43 pengungsi Rohingya tersebut telah mendapatkan kartu keterangan refuges atau pengungsi dari UNHCR.[]