Berita Pemko Banda Aceh Lunasi Utang Viral Jelang Pilkada, Pj Wali Kota Tak Tahu Siapa yang Rilis

Foto dokumen Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK) Banda Aceh, Iqbal Rokan ketika menjelaskan soal utang Pemko Banda Aceh di ruang kerjanya, Jumat, 31 Maret 2023.(Foto: bandaacehkota.go.id)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Sejak dua hari terakhir sejumlah media memberitakan ihwal keberhasilan Pemko Banda Aceh melunasi utang. Berita lama yang muncul kembali jelang pilkada tersebut memunculkan ragam pendapat.

Seorang warga Banda Aceh menelepon Portalnusa.com mengabarkan berita yang dilansir sejumlah media dengan mengutip laporan lama tentang keberhasilan Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin melunasi utang.



“Beritanya seragam, yang intinya menginformasikan keberhasilan Pj Wali Kota Banda Aceh melunasi utang. Saya menduga berita itu dirilis oleh Pj Wali Kota Banda Aceh atau pejabat terkait di jajarannya,” kata sumber tersebut.

Berdasarkan penelusuran media ini, laporan bahwa Pemko Banda Aceh  berhasil melunasi utang sudah pernah disampaikan Pj Wali Kota Amiruddin para Rapat Paripurna Istimmewa DPRK dalam rangka memperingati HUT ke-819 Kota Banda Aceh, pada 22 April 2024.

Dengan fakta itu, wajar jika kemudian muncul pertanyaan kenapa laporan lama itu dirilis kembali hingga menyebar di sejumlah media.

“Jangan-jangan ini sebabai pencitraan bagi Pj Wali Kota Banda Aceh yang disebut-sebut akan berkompetisi pada Pilkada Banda Aceh 2024,” kata sumber lainnya.

Tak tahu siapa yang rilis

Menanggapi pemberitaan tersebut, Portalnusa.com memintai konfirmasi secara tertulis melalui aplikasi percakapan WhatsApp kepada Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, Minggu, 2 Juni 2024.

Pertanyaan yang diajukan:

  1. Berapa sisa utang Pemko Banda Aceh yang dilunasi?
  2. Mengapa baru sekarang dirilis ke media padahal laporan keberhasilan melunasi utang itu sudah dilaporkan oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin pada 22 April 2024
  3. Apakah betul rilis ini sebagai upaya pencitraan Bapak (Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin) yang akan berjuang pada Pilkada 2024?

Pertanyaan itu dijawab singkat oleh Amiruddin dengan menulis, “Tlg dikomfirmasi dg kds keuangan yg tau persih angkanya. Tq.

“Kenapa baru sekarang dirilis, apa betul seperti diisukan bahwa ini bagian dari pencitraan (bersih-bersih) Pak Amiruddin untuk maju sebagai kandidat Wali Kota Banda Aceh?,” tanya media ini lebih lanjut.

Menanggapi pertanyaan itu, Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin menulis:

“Sdh lama (berita itu) kita rilis melalui media serambi, kl sekarang bukan dari kami, tdk ada maksud pencitraan, maaf sebagai pj walkot tugas sy melaksanakan tugas2 yg menjadi kewenangan. Terserah pihak lain beranggapan dan asumsi bermacam. Tq.”

Seorang editor media membenarkan ada memuat berita tentang keberhasilan Pemko Banda Aceh melunasi utang.

“Berita dari rilis yang diterima wartawan kami,” kata editor tersebut. “Sumber rilis dari humas,” lanjutnya.

Berita seluruh utang Pemko Banda Aceh sudah lunas juga tayang di web newsbandaaceh.com edisi 31 Mei 2024.

Kabag Humas (Prokopim) Setdako Banda Aceh, Aulia Putra yang ditanyai siapa yang merilis berita Pemko Banda Aceh lunasi utang, sebagaimana dilansir sejumlah media pada 31 Mei 2024 dan 1 Juni 2024, membantah rilis itu dari pihaknya.

“Bukan bang, (rilis terbaru) itu bukan dari kita. Kalau yang ini betul dari kita,” kata Aulia dengan mengirim judul rilis sebelumnya berjudul Pemko Banda Aceh Tutup Tahun Anggaran 2023 tanpa Utang.[]