Tu Sop Temui Ketum PBNU di Jakarta, Diskusikan Berbagai Persoalan Aceh

Gus Yahya dan Tu Sop di Markas PBNU Jakarta. (Dok Humas PB HUDA)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Ketua Umum (Ketum) Terpilih  Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA), Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab yang dikenal dengan Tu Sop Jeunieb menemui Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) di Jakarta terkait pelantikan PB HUDA periode 2023-2028 pada 7 Juli 2024 di Banda Aceh.

Menurut Tu Sop, Gus Yahya sudah menyatakan hadir pada pelantikan PB HUDA yang akan dilaksanakan di Kantor PB HUDA di Banda Aceh, 7 Juli 2024.



Seperti diketahui, Tu Sop terpilih sebagai Ketum PB HUDA periode 203-2028 pada Mubes IV HUDA yang diikuti 300 ulama dayah Pengurus Wilayah HUDA Kabupaten/Kota di Aceh berlangsung di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, 1-3 Desember 2023.

Dalam pertemuan dengan Gus Yahya di Markas PBNU, Tu Sop mendiskusikan berbagai persoalan Aceh dan menekankan pentingnya perhatian tokoh-tokoh nasional yang memiliki relasi dengan simpul-simpul kekuasaan untuk mendorong kemajuan Aceh.

Ketika bertemu Tu Sop, Gus Yahya didampingi Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi Drs. H. Amin Said Husni dan Wasekjen PBNU.

Rangkaian acara pelantikan

Siaran pers dari Tim Humas PB HUDA menyebutkan, rangkaian acara pelantikan diawali dengan pembukaan, Jumat 5 Juli 2024. Selanjutnya, Sabtu 6 Juli 2024 dilangsungkan Rapat Koordinasi (Rakor) dan sekaligus Rapat Kerja (Raker) PB HUDA.

Pelantikan PB HUDA direncanakan Minggu, 7 Juli 2024 dengan mengundang sejumlah tokoh Aceh dan pejabat pemerintahan.[]