Sabang Budidayakan Tanaman Nilam

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi melakukan penanaman perdana nilam di Gampong Batee Shok, Jumat, 7 Juni 2024. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Pemerintah dan masyarakat Kota Sabang mulai membudidayakan tanaman nilam untuk meningkatkan perekonomian petani.

Untuk mendorong semangat dan memotivasi petani, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi ikut melakukan penanaman nilam di Gampong Batee Shok, beberapa waktu lalu.



Reza mengatakan, minyak nilam memiliki manfaat yang banyak dan nilai jual yang tinggi, juga dapat meningkatkan perekonomian para petani.

“Kami berharap penanaman nilam ini terus dilakukan berkesinambungan meskipun harga minyak nilam sedang turun, petani harus terus semangat untuk menanam kembali,” kata Pj Wali Kota Sabang, Minggu, 9 Juni 2024.

Nilam yang dikenal dengan nama latin Pogostemon Cablin Benth, menghasilkan minyak atsiri atau minyak nilam (patchouli oil).

Minyak ini bermanfaat untuk bahan dasar parfum, kosmetik, sabun, aromaterapi, serta penyembuhan fisik, mental, dan emosional.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri menjelaskan, penanaman nilam pada Jumat, 7 Juni 2024 diprakarsai oleh Gapoktan Ingin Jaya, di lahan milik Firman seluas 3 hektare di Gampong Batee Shok.

“Tentunya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang sangat mendukung dan selalu memfasilitasi inisiasi yang berdampak positif, yang mampu meningkatkan perekonomian petani di Kota Sabang,” ujar Fakri. []