Salak Sabang Terkenal Enak, Harus Didukung Kemasan Menarik

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi melakukan panen salak di Gampong Balohan, Selasa sore, 11 Juni 2024. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menyebutkan lahan pertanian di Pulau Weh sangat baik dan menjanjikan untuk berbagai komoditas termasuk tanaman salak.

Pernyataan itu disampaikan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi di sela-sela melakukan panen salak di kebun milik Sarbini (59), Gampong Balohan, Selasa sore, 11 Juni 2024.

Reza didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Fakri serta Kelompok Tani Gampong Balohan mengatakan, salak merupakan tanaman unggulan yang tumbuh dan sudah memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Sabang.

Salak sendiri sudah memiliki sertifikat tanda daftar varietas tanaman lokal dari Kementerian Pertanian sebagai salak berkualitas Sabang.

Selain salak, Sabang juga memiliki tanaman unggulan lainnya seperti cengkeh, coklat, pinang dan nilam.

“Yang perlu ke depan kita lakukan adalah bagaimana tetap menjaga kualitas salak Sabang ini, dan juga memperluas area agar produksinya lebih banyak. Tentu lebih banyak petani yang terlibat akan memberi kontribusi besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Reza Fahlevi.

Untuk meningkatkan pemasaran produk, Pj Wali Kota Sabang menyarankan untuk bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Kota Sabang agar salak dapat dikemas dengan lebih menarik sesuai kebutuhan turis dan wisatawan.

“Contohnya dalam hal packaging yang masih menggunakan plastik, mungkin bisa diubah dengan eumpang, selain ramah lingkungan juga lebih menarik khususnya bagi wisatawan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri mengatakan terdapat 35 petani salak yang masih bekerja sampai saat ini. Pihaknya sudah mulai memperbanyak benih untuk disalurkan kepada petani lain, sehingga lahan semakin luas karena jumlah produksi yang ada saat ini belum mencukupi permintaan.[]