Ini Harapan Pj Ketua Pembina Posyandu Aceh Besar pada Penimbangan Serentak di Luthu Lamweu Sibreh

Pj Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Aceh Besar Cut Rezki Handayani meninjau penimbangan serentak di Gedung Posyandu Gampong Luthu Lamweu, Kecamatan Sukamakmur, Jumat, 21 Juni 2024. (Foto MC Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Ketua Pembina Posyandu Aceh Besar, Cut Rezki Handayani SIP MM meninjau penimbangan serentak di Gedung Posyandu Gampong Luthu Lamweu, Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Jumat, 21 Juni 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Cut Rezki berdialog dengan kader Posyandu Gampong Luthu Lamweu terkait pelaksanaan Posyandu dan upaya pencegahan dan pengendalian stunting yang dilakukan selama ini.



Menurut Cut Rezky, rangkaian kunjungan yang gencar dilakukan di Aceh Besar selama ini, bertujuan untuk melakukan penimbangan dan mendata kembali anak-anak yang terindikasi stunting, termasuk juga ibu hamil, calon pengantin (catin), remaja putri dan pengecekan imunisasi.

Pada kesempatan itu, Cur Rezky meminta kepada para kader Posyandu untuk betul-betul memahami tugas dan fungsi serta melakukannya dengan benar dan tepat, supaya hasil pendataan didapat secara objektif sesuai kondisi real.

“Kita mohon agar para kader Posyandu dapat memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan melakukan tugas tersebut dengan benar,” harap Cut Rezki yang juga Bunda PAUD Aceh Besar.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita SKM Mkes mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan itu, menindaklanjuti intruksi Kementerian Kesehatan RI untuk mengevaluasi dan memperbaiki program intervensi stunting yang telah dilaksanakan.

“Penimbangan serentak yang kita lakukan pada 604 gampong dalam Kabupaten Aceh Besar ini, terkoordinasi dengan lintas sektor yaitu PKK, Dinsos, DPMG, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3P2KB), Dinkes dan Puskesmas,” katanya.

“Pertemuan ini dapat menjadi momentum penting dalam upaya penanggulangan stunting di Aceh Besar, serta memperkuat komitmen semua pihak terkait untuk bekerja lebih keras dalam mencapai target yang telah ditetapkan,” harapnya.

Sekretaris Gampong Luthu Lamweu, Shiyamusyamsi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Ketua Pembina Posyandu Aceh Besar yang telah memberikan motivasi dan dukungan moril l dalam rangka bersinergi mencegah stunting serta berupaya mencerdaskan anak-anak di gampong, sebagai generasi unggul di masa mendatang.

“Ibu Pj Bupati juga meminta agar Pemerintah Gampong dapat meningkatkan upaya mendukung gerakan Posyandu, PAUD dan PKK, karena hal itu akan berpengaruh langsung pada upaya pencegahan stunting dan dalam rangka mempersiapkan generasi cerdas dan unggul di masa depan,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Dinas Kesehatan Neli Ulfiati, SKM MPH, Camat Sukamakamur Azhari SH MSi beserta unsur Forkopimcam, dan Kepala Puskesmas Sukamakmur dr Firza Linda.[]