Ledakan Keras Getarkan Area Terminal Minibus Lueng Bata

Suasana di loket minibus Lueng Bata, Kota Banda Aceh yang sempat dihebohkan dengan ledakan keras di bagian belakang salah satu loket, Jumat siang, 28 Juni 2024. (Foto Abdul Hadi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Satu ledakan keras menggetarkan  area terminal minibus Lueng Bata, Kota Banda Aceh, sekitar pukul 10.45 WIB, Jumat, 28 Juni 2024.

Informasi terjadinya ledakan keras itu tersiar cepat setelah dilaporkan oleh sejumlah relawan RAPI yang berada di lokasi.

Dalam waktu cepat, dua unit armada damkar dari Kantor Pusat di Geuceu Meunara dan Pos Pango tiba di lokasi.

Pantauan Portalnusa.com di lokasi kejadian, titik ledakan berada di bagian belakang loket minibus PT Putri Kembar Tiga yang diapit loket PT Flamboyan Tour dan PT Bahtera Atakana.

Untuk menuju ke titik ledakan, hanya ada satu akses masuk ke belakang yaitu melalui loket PT Flamboyan Tour.

Saksi mata mengatakan, ledakan terdengar begitu keras bahkan lantai loket terasa bergetar.

“Bersamaan dengan ledakan keras itu terjadi kepulan asap tebal dan kobaran api. Api berhasil dipadamkan dengan menggunakan racun api dari dua unit APAR,” kata seorang petugas loket.

Informasi dari Ichsan Fuadi, relawan RAPI yang bertugas di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mengatakan, ledakan berasal dari tumpukan sampah di bagian belakang loket PT Putri Kembar Tiga.

“Belum diketahui apa yang menyebabkan terjadinya ledakan keras itu. Tim pemadam melakukan penyiraman untuk memastikan tidak ada lagi sumber api yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” kata Ichsan didampingi Muhammad Yusuf/JZ01AYS dari Pusdalops PB BPBD Banda Aceh.

Pada pukul 11.15 WIB, proses pendinginan dinyatakan selesai dan tim pemadam bersama relawan lainnya meninggalkan lokasi.[]