Kekeringan Masih Landa Lhoknga, Pemkab Aceh Besar Pasok 16.000 Liter Air Bersih

Kekeringan Masih Landa Lhoknga
Warga mengambil air bersih yang sudah diisi ke wadah penampung oleh tim BPBD Aceh Besar untuk mengantisipasi dampak kekeringan di Kecamatan Lhoknga, Sabtu, 29 Juni 2024. (Foto BPBD Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Kekeringan Masih Landa Lhoknga, Beberapa gampong di Kecamatan Lhoknga masih krisis air bersih sebagai dampak kemarau panjang.

Pemkab Aceh Besar melalui BPBD dan PDAMTirta Mountala memasok 16.000 liter air bersih dengan melibatkan empat truk water tank ke sejumlah titik, Sabtu, 29 Juni 2024.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM melalui Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, SSos, MSi mengatakan, atas arahan pimpinan, suplai air bersih dilakukan ke beberapa titik yang mengalami kekeringan di Kecamatan Lhoknga.

“Kita sudah bergerak dan menyuplai air bersih 16.000 liter,” kata Ridwan Jamil, di Sibreh, Minggu, 30 Juni 2024.

Menurutnya, gampong yang telah nenerima suplai air bersih oleh BPBD dan PDAM yaitu Gampong Lancok, Seubun Ketapang, Lambaro Seubun, dan Meunasah Manyang Lamlhom.

Sebelumnya, saat meninjau dampak kekeringan di Lhoknga, Pj Bupati Aceh Besar dan jajaran telah melihat potensi penanggulangan berkelanjutan untuk kawasan terdampak.

Iswanto mengapresiasi kerja kolektif semua pihak dalam penanggulangan dampak kemarau di Kecamatan Lhoknga. Kerja kolektif itu melibatkan pejabat Pemkab Aceh Besar, Brimobda Aceh, pengusaha serta tokoh-tokoh Lhoknga.

“Alhamdulillah telah muncul kepedulian kolektif atas persoalan kekurangan air bersih Lhoknga. Terima kasih kepada semua pihak,” pungkas Iswanto saat menerima laporan Camat Lhoknga usai pemasangan kran air di salah satu sumur bor Gampong Lamkruet.[]