Evaluasi Kemendagri: Kinerja Muhammad Iswanto Memuaskan

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto bersalaman dengan Itjen Kemendagri, Brigjen Pol Rustam Mansur, SIK, MM pada kegiatan evaluasi kinerja Pj Bupati Aceh Besar triwulan ke-4 di jabatan tahun ke-2, Senin, 1 Juni 2024.(Dok Pemkab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Tim Evaluator Itjen Kemendagri mengapresiasi kinerja triwulan ke-4 di jabatan tahun ke-2 Pj Bupati Muhammad Iswanto dalam memimpin Aceh Besar.

Inspektur I Itjen Kemendagri selaku tim evaluator, Brigjen Pol Rustam Mansur, SIK, MM, Senin, 1 Juni 2024 mengatakan, kinerja Muhammad Iswanto memuaskan.

“Penanganan stunting tuntas 100% untuk pengukuran dan penimbangan ulang, peningkatan kapasitas pencari kerja hingga dukungan positif untuk PON 2024 di Aceh,” kata Rustam.

Rustam berharap capaian tersebut hendaknya terus dipertahankan, karena tuntutan atau ekspektasi rakyat akan semakin tinggi.

Ia juga menyinggung tentang makin krusialnya dalam penanganan pencari kerja saat ini.

Pemkab Aceh Besar ia nilai telah melakukan hal-hal yang patut menjadi contoh daerah lain.

Apresiasi yang sama juga dilontarkan evaluator lainnya, Bahtiar yang meminta Pemkab Aceh Besar lebih memberdayakan lembaga Kominfo sebagai barrier untuk mengatasi dan meminimalisir hoaks yang sangat merusak opini masyarakat.

Muhammad Iswanto dalam paparan singkatnya mengemukakan beberapa hal, antara lain masalah penimbangan bayi dan penurunan angka stunting di Aceh Besar yang kini hanya tinggal 16,2 persen, serta penimbangan bayi sudah pada angka 100 persen.

Tahun 2022 kasus stunting Aceh Besar sempat berada pada angka 30 persen lebih.

Selain itu juga dilakukan berbagai hal untuk menekan angka pengangguran serta memberikan peluang kerja secara mandiri, dengan membantu peralatan kerja serta pengayaan secara skil lewat ragkaian pelatihan dan pemagangan hingga keluar negeri sekalipun.

Iswanto juga menyatakan dukungan penuh Pemkab Aceh Besar terhadap PON 2024 di Aceh dan Sumut.

“Ada enam Venue PON 2024 di Aceh Besar yang saat ini pembangunannya terus dipacu. Insya Allah semua venue di Aceh Besar siap digunakan untuk PON 2024,” tegas Iswanto.

Terkait apresiasi Tim Evaluator, Iswanto menyatakan terima kasih atas masukan dan bimbingannya. Ia berjanji akan menindaklanjuti semua masukan tersebut di kesempatan pertama.

Acara presentasi kinerja yang berlangsung sekitar 35 menit itu ditutup dengan foto bersama.[]